Sentra Kerajinan Limbah Kayu Jati Bojonegoro

0 349

Sentra kerajinan ukiran kayu jati di Desa Batokan, Kecamatan Kasiman Bojonegoro kira-kira 5 kilometer dari pertigaan gerbang masuk Kota Blora.

Di sebuah rumah milik salah satu perajin bernama Pak Sabar. Kediamannya sekaligus menjadi ruang pamer (galeri) barang-barang kerajinan kayu jati produksinya. Dalam menjalankan usahanya itu Pak Sabar tidak bekerja sendirian melainkan dibantu oleh anak lelakinya.

“Saya sudah lima belas tahun lebih menekuni usaha pembuatan suvenir dari limbah kayu jati ini” jelas Pak Sabar contoh limbah kayu produksi dari pak sabar adalah  tempat pensil dan tempat HP dibandrol dengan harga puluhan ribu. Sementara kerajinan yang berupa botol mirip guci dijual dengan harga Rp. 650.000,- hingga jutaan rupiah.

Suvenir hasil karya Pak Sabar tidak melulu dipasarkan di daerah-daerah di Pulau Jawa melainkan tembus sampai ke beberapa daerah di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Untuk rencana ekspor ke luar negeri ia mengaku belum sanggup karena harus membenahi soal disain dan kualitas produk.

Pak Sabar berharap kepada Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) maupun dinas terkait agar mulai saat ini sentra kerajinan kayu jati di Kasiman, Bojonegoro-Jawa Timur itu dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik yang tak kalah kerennya dengan pesona alam Indonesia.

Source Sentra Kerajinan Limbah Kayu Jati Bojonegoro Sentra Perajin Limbah Kayu Jadi Objek Wisata Keren!
Comments
Loading...