Sentra Kerajinan Logam Di Gunung Kidul

0 178

Sentra Kerajinan Logam Di Gunung Kidul

Instruktur Bidang Logam Gunungkidul Sis Anwar mengungkapkan, di Gunungkidul ada 170 perajin besi. 170 Perajin tersebut, menurut dia, terpusat di tiga padukuhan yaitu Kajar dan Kedung, Karangtengah, Wonosari. “Kebutuhan tenaga kerja untuk perajin besi masih sangat besar. Kira-kira butuh 150 orang pekerja,” ujar dia di rumahnya di Kajar II, Karangtengah, Wonosari.

Ia mengatakan, saat ini pandai besi kesulitan mencari regenerasi. Menurutnya, banyak anak muda yang merasa gengsi dan lebih memilih untuk bekerja di luar daerah Gunungkidul. Pemilik salah satu pusat kerajinan besi di Kajar II Cahaya Alam ini tak jarang harus menjemput orang untuk merekrut pekerja.

“Permintaan kerajinan besi seperti sabit arit selalu meningkat. Satu pusat kerajinan bisa mendapatkan permintaan 4.000-5.000 sabit arit,” imbuh dia. Pesanan tersebut tidak hanya datang dari dalam negeri, namun juga luar negeri. Menurutnya, ada 11 provinsi yang rutin memesan setiap bulannya. Di antaranya, Sulawesi, Riau, Lampung, dan Papua. Sedangkan untuk pelanggan luar negeri antara lain dari Australia, Jepang, Jepang, Suriname, dan Swiss.

Ia menegaskan, penghasilan dari bekerja di kerajinan besi cukup memuaskan. Ia menambahkan, dari hasil menempa besi untuk dijadikan bisa dikatakan lumayan. Salah satu pekerja di Cahaya Alam, mengatakan, ia sudah bekerja di Cahaya Alam untuk enam tahun.

Source Sentra Kerajinan Logam Di Gunung Kidul Kerajinan Logam di Gunungkidul Masih Butuh 150 Pekerja
Comments
Loading...