Sentra Kerajinan Logam Di Purbalingga

0 208

Kerajinan Logam

Kerajinan logam di Purbalingga adalah industri sederhana pembuatan perangkat gamelan dan alat-alat rumah tangga dari logam. Para perajin bekerja laksana pande besi dengan alat cor sederhana, khususnya untuk produk otomotif, industri kerajinan logam Purbalingga, berkembang menjadi industri rumahan berskala massif, khususnya produk knalpot. Kerajinan knalpot seakan menjelma menjadi tambang emas bagi banyak warga di wilayah tersebut.

Pusat kerajinan knalpot yang semula hanya di wilayah perkotaan, menyebar hingga ke sejumlah penjuru. Hal itu tak terlepas dari tingginya permintaan pasar akan produk dari Purbalingga. Terlebih, persaingan kala itu belum seketat saat ini.

Agus Adi Admaja, salah seorang perajin knalpot di Bojongsari, Purbalingga menuturkan, pada era akhir 70-an hingga pertengahan 90-an, ada ribuan perajin knalpot di Purbalingga. Terlebih seiring penggunaan peralatan las yang lebih modern dari semula yang hanya cor besi.

Para remaja pun waktu itu banyak yang mampu membuat knalpot sederhana saking populernya knalpot Purbalingga. “Banyak yang kemudian putus sekolah dan memilih bekerja di knalpot karena uangnya besar,” tutur dia.

Pada pertengahan 1990-an, situasi pasar berubah. Di berbagai daerah bermunculan usaha-usaha kerajinan logam. Sedikit demi sedikit knalpot Purbalingga kian tergeser. Kondisi kian buruk kala krisis ekonomi menerpa pada tahun 1998. Peralihan generasi perajin tak diimbangi peningkatan keterampilan berproduksi dan manajerial. Pasalnya, banyak generasi yang t umbuh pada masa keemasan kerajinan logam Purbalingga terlena dengan keadaan. Sebagian besar di antara mereka putus sekolah dan lebih banyak berkecimpung dengan kerajinan logam orangtuanya. Tak adanya investasi keterampilan dan pengetahuan membuat daya saing kerajinan ini pada masa kompetisi pasar terbuka yang muncul pascakrisis ekonomi membuat industri logam Purbalingga semakin tak berkutik.

Source Sentra Kerajinan Logam Di Purbalingga Sentra Kerajinan Logam Di Purbalingga
Comments
Loading...