Sentra Kerajinan Batik Di Semarang

0 251

Sentra Kerajinan Batik

Eko Haryanto, yang dulu memang sedang menganggur bersama istri, Iin W Indah, akhirnya benar-benar terjun di bisnis batik ini. Dengan kemauan dan tekad sambil terus belajar teknik dan pengembangan batik, baik dengan studi banding atau dengan bertanya pada ahlinya. Pasangan suami istri ini bertekat untuk ikut melestarikan batik Semarang.

Sekarang ini menurut Eko, ada 4 pengrajin batik di Kampung Batik Semarang. Masing-masing tempat usaha ada yang memiliki lebih dari 10 orang karyawan, ada pula yang hanya sekitar 5 karyawan. Sedangkan di Semarang secara keseluruhan, ada sekitar 20 pengrajin batik motif Semarangan, dengan sekitar 600 motif batik khas Semarangan yang telah dikembangkan.

Eko juga berharap, akan mendapat dukungan dari pemerintah untuk terus mengembangkan Kampung Batik Semarang, “Keinginan saya, Kampung Batik Semarang ini menjadi sentra batik di Semarang. Sehingga orang mencari batik ya ke sini. Baik itu batik Semarangan atau batik dari kota lain.

Lokasi Sentra Batik

Lokasi Kampung Batik Semarang Jl. Raya Kaligawe KM. 1 No. 96, Gayamsari, Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jika dari Pasar Johar, silahkan menuju ke arah Jalan Patimura atau Jalan Dr Cipto. Sedang jika dari Simpang Lima, bisa menuju Jalan MT Haryono, terus saja ke arah Pasar Johar. Setelah sampai Bundaran Bubakan arahkan kendaraan ke arah Jalan Patimura. Sebelum masuk Jalan Patimura, akan tampak Hotel Djelita, tidak jauh di sebelah kirinya ada gapura cukup besar, dan ada plang bertuliskan Jl. Batik.

Source Sentra Kerajinan Batik Di Semarang Sentra Kerajinan Batik Di Semarang
Comments
Loading...