Sentra Kerajinan Cangkul Di Sukabumi

0 190

Kerajinan Cangkul

Perajin di sentra kerajinan besi di Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, siap bersaing dengan serbuan produk mata cangkul impor dari Tiongkok. Bahkan, saat ini salah satu pengrajin di daerah tersebut, tengah melayani pesanan ribuan cangkul dari Jakarta.

Salah seorang pengrajin besi rumahan Jajang Suhanda saat ini sedang memproduksi mata cangkul sebanyak dua ribu buah untuk dikirimkan ke Jakarta. Cangkul tersebut diproduksi sendiri bersama tiga orang karyawannya di bengkel rumahnya di Kampung/Desa Cibatu.

Jajang juga mempertanyakan, kenapa pemerintah pusat harus impor dari Tiongkok, padahal dari Sukabumi atau daerah lainnya di Indonesia, banyak perajin yang mampu memproduksi cangkul berkualitas, dan siap menerima pesanan, berapa pun jumlah pesanannya. Ia juga menyanggupi jika pemerintah pusat melibatkan para perajin besi di Sukabumi untuk memenuhi kebutuhan mata cangkul, sehingga tidak perlu impor.

“Seharusnya pemerintah pusat melirik hasil kerajinan besi di Sukabumi, karena kami juga bisa bersaing, baik kualitas maupun kuantitasnya. Dengan melibatkan perajin dalam negeri, bisa menaikkan perekonomian perajin, karena saat ini yang menjadi permasalahan kami adalah di pemasaran,” katanya.

Source Sentra Kerajinan Cangkul Di Sukabumi Sentra Kerajinan Cangkul Di Sukabumi
Comments
Loading...