Sentra Kerajinan Mebel Di Karawang

0 344

Kerajinan Mebel

Di desa ini terdapat puluhan pengrajin mebel rumahan (Home industry) di sentra kerajinan mebel Desa Cicinde Jayamukti Kecamatan Banyusari Karawang Jawa Barat. Namun akibat minimnya permodalan satu-persatu pengrajin mebel rumahan Jayamukti harus tumbang karena kalah bersaing dengan mebel kualitas industri pabrik dimana persaingan semakin ketat dengan kualitas mebel yang menggunakan peralatan modern lebih diminati sementara pengrajin mebel rumahan harus berjuang dengan peralatan perkakas yang masih manual.

“Dari dulu kendalanya, pada minimnya permodalan untuk usaha mebel rumahan ini, semakin tahun semakin banyak yang gulung tikar, dulu tahun 90 an industri ini sempat jaya dimana mebel rumahan banyak memproduksi lemari, buffet dan nakas atau meja rias. Untuk meminjam di Bank pun sulit mungkin pihak Bank tidak percaya dengan prospek industri mebel rumahan, kami meminta perhatian dari pemda Karawang untuk membantu permodalan usaha mebel rumahan yang jalan di tempat ini,” ujar Dede ketua perkumpulan pengrajin mebel Karawang.

Dede salah satu yang masih bertahan menggeluti usaha mebel. Berbagai produksi mebel rumahan seperti Bangku, meja, sofa, dan lemari diproduksi secara manual, namun berkat tangan-tangan trampil pengrajin mebel rumahan kualitas dan desain pun tidak kalah bersaing dengan mebel produksi pabrik. Setiap hari dua sampai tujuh mebel pesanan diproduksi dan dikirim hingga Depok dan Jakarta, Desa Jaya mukti Cicinde merupakan sentra industri mebel rumahan yang warganya 60% menjadi pengrajin mebel kini mulai beralih profesi sebagai pedagang atau buruh petani karena kalah bersaing dan sulitnya permodalan.

“Untuk pesanan sih relatif ramai hampir 2 hari sekali pemesanan dari berbagai toko mebel di Karawang serta sekolah dan kantor Kecamatan sering memesan kursi dan meja di sini, kualitas cukup baik dengan bahan kayu pinus dan albasiah yang kuat, untuk satu set kursi mebel di jual Rp 1 juta hingga 2 juta, walaupun menggunakan bahan kayu palet pinus namun kualitasnya tidak jauh dari mebel buatan pabrik,” terang Dede pengrajin mebel asal Bangsa Suta Cicinde.

Source Sentra Kerajinan Mebel Di Karawang Sentra Kerajinan Mebel Di Karawang
Comments
Loading...