Sentra Kerajinan Mebel Serenan

Jepara, Central Java - Indonesia, 2009. ©Center For International Forestry Research/Murdani Usman
0 512

Mebel merupakan keahlian turun temurun dan menjadi salah satu pekerjaan yang bisa mempercantik sebuah kayu dan bisa dimanfaatkan menjadi kebutuhan setiap orang. Kayu mebel memang menjadi incaran bagi banyak orang. Untuk itu bagi perajin mebel memang harus selalu berkreasi tentang model-model mebel yang diincar pasaran. Sentra industri mebel di Klaten memang menjadi daerah wisata yang menyenangkan dan menambah wawasan.

Konon sejarahnya dahulu, ada perajin-perajin dari desa Serenan yang dipanggil ke keraton khusus untuk membuat ukiran kayu untuk keraton. Di sisi lain, daerah ini dulu sering dilanda banjir, karena letaknya yang berdekatan dengan aliran sungai Bengawan Solo. Hal ini menjadikan semua orang di daerah Serenan menggunakan kayu untuk membangun rumah, rumah dengan tembok semen kurang bisa bertahan jika terendam banjir. Dari rumah-rumah kayu tersebut, muncullah barang-barang olahan dari kayu, yang dibuat sendiri oleh warga desa Serenan. Lambat laun, jadilah daerah Serenan sebagai sentra industri ukir dengan perajin kayu yang sangat banyak.
Memang sebagian besar usaha mebel rumahan di desa Serenan hanya bisa mencakup pembeli lokal. Namun ternyata, jika ditelusuri lebih dalam, di jalan raya Serenan Klaten, ada satu pabrik besar yang hampir 100% penjualannya untuk diekspor. Giant, meneruskan usaha ayahnya. Sudah dua tahun ini beroperasi, Putra Sumber Furniture mempunyai 27 perajin tetap, dan sekitar 50 perajin lepas. Fokus penjualannya antara lain di New Zealand, Inggris, Amerika, dan dalam waktu dekat akan menjalin kerjasama ke Kanada.

Bahan Baku

Seiring dengan pesatnya produksi ukir kayu di Serenan, muncul pula depo-depo penjual kayu di sekitar daerah ini. Para perajin dan pabrik tak pusing lagi mencari pasokan bahan baku kayu. Kebanyakan penjual kayu malahan bukan orang asliwarga asli Serenan. Para penjual kayu tersebut biasanya dari Sragen, mereka lebih terlatih untuk mendapatkan kayu yang lebih berkualitas.
Source Sentra Kerajinan Mebel Serenan Sentra Industri Mebel di Klaten
Comments
Loading...