Sentra Kerajinan Monel Di Jepara

0 187

Kerajinan Monel

Eksistensi Kerajinan Monel khas Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyataman, Jepara, belakangan dirasa lesu. Kondisi pasar yang tak kondusif akibat banyak hal membuat sebagian karyawan atau perajin monel beralih profesi. Namun tidak demikian bagi Sholikin. Pria asal RT 03 RW I Desa Kriyan ini, tetap berusaha melestarikan kerajinan monel di tengah serangan produk-produk luar negeri.

Menurut dia, saat ini pasar untuk kerajinan monel memang tengah berperang dengan produk-produk asesoris dari Tiongkok. Banyak produk dari Tiongkok dengan kemasan bagus dan harga yang murah, membuat sebagian perajin maupun pengusaha monel kelimpungan.

“Tren monel memang masih dalam kondisi menurun, sejak beberapa tahun terakhir ini. Hal ini terjadi karena ada banyak faktor. Di antaranya disebabkan karena banyaknya persaingan aksesoris dari Tiongkok. Kemudian minimnya kreativitas, perajin yang enggan melakukan inovasi,” ujar Sholikin.

Dia berharap kerajinan monel tetap lestari. Upaya yang ia lakukan, dengan cara membimbing dan membina masyarakat sekitar. Agar kerajinan monel tetap ada sampai generasi berikutnya. Karena kemampuan membuat berbagai asesoris dari bahan monel yang dimilikinya sejak kecil itu, membuat Sholikin tidak hanya mencari keuntungan belaka.

Sholikin, membina beberapa orang yang menekuni kerajinan monel. Hal itu, ia maksimalkan sebagai upaya melestarikan kerajinan tersebut. Ia pun membiarkan perajin melakukan proses produksi di tempat masing-masing. Untuk pemasaran produknya ia yang melakukan. Ada belasan orang yang ia bina. Sehingga ke depan, jika permintaan monel meningkat. Kerajinan tersebut, dapat diandalkan sebagai penghasilan unggulan.

Source Sentra Kerajinan Monel Di Jepara Sentra Kerajinan Monel Di Jepara
Comments
Loading...