Sentra Kerajinan Pande Besi Di Bondowoso

0 347

Sentra Kerajinan Pande Besi Di Bondowoso

Warga Desa Sumber Kemuning Tamanan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, Wahyudi mampu raup omset puluhan juta rupiah setiap bulan dari hasil industri pande besi. Usaha rumahan yang memiliki pekerja sekitar 8 orang tersebut sudah ditekuninya selama puluhan tahun, sampai saat ini masih bertahan.

“Warisan dari kakek saya, sampai saat ini masih tetap saya pertahankan. Omset kotor kalau permintaan banyak bisa diatas Rp.20.000.000 perbulannya,” jelasnya.

Diakuinya, penghasilan semakin meningkat sejak dirinya mencoba melakukan penawaran via online. Sehingga pemesan banyak yang berasal dari luar daerah. “Awalnya kami iseng coba tawarkan lewat group jual beli online, sebelumnya penghasilan tidak sebesar itu. Kami kirimkan lewat paket, Alhamdulillah sampai hari ini terus meningkat,” ujarnya.

Bos pande besi yang sekaligus perangkat desa ini menyebut, ada beberapa jenis yang sangat laku dipasaran. “Seperti tongkat, pisau hias, celurit, pedang. Harganya dimulai dari Rp.100.000 sampai Rp.500.000 tergantung kerumitan cara pengerjaannya,” tukasnya.

Sebelumnya, anggota DPRD Komisi 4 Sinung Sudrajad menyebut, Kabupaten Bondowoso sangat kaya akan home industri. Tinggal bagaimana penerintah ikut membantu mengenalkan.

“Bukan hanya pande besi, ada jun gerabah, batik, bomerang dan masih banyak lagi. Khusus pande besi karya yang dihasilkan tidak kalah dengan produk luar daerah,” tutupnya

Source http://m.portalindonesia.co.id http://m.portalindonesia.co.id/read/2690/20170725/092502/pengrajin-pande-besi-di-bondowoso-raup-omset-puluhan-juta-rupiah/
Comments
Loading...