Sentra Kerajinan Pande Besi Di Grobogan

0 187

Kerajinan Pande Besi Grobogan

Di Grobogan terdapat sentra pande besi. Tepatnya di Dusun Tahunan, Desa Putatsari, Kecamatan Grobogan. Di dusun ini, sedikitnya ada 150 pande besi dengan pekerja yang terlibat lebih dari 500 orang. Saking banyaknya pelaku usaha, nama Dusun Tahunan lebih dikenal dengan sebutan Kampung Pande Besi.

Usaha pande besi ini dilakukan jadi satu dengan rumah. Biasanya, lokasi usaha ditempatkan di teras rumah atau membikin gubukan di pekarangan. Saat melintasi jalan kampung terdengar suara bising dari besi yang ditempa atau diasah menggunakan mesin gerinda.

Menurut Wargono, usaha pande besi sudah digeluti secara turun temurun. Diperkirakan, usaha pande besi sudah ada di Dusun Tahunan, sejak 200 tahun lalu.

Dulunya, leluhur pande besi merupakan orang kepercayaan untuk membuatkan pusaka Kadipaten Grobogan. Tepatnya, ketika Kadipaten Grobogan masih berpusat di Kecamatan Grobogan dan belum pindah ke Purwodadi. Seiring perjalanan waktu, sudah tidak ada lagi orang yang bikin pusaka. Sekarang produk yang dibuat berupa peralatan dapur dan alat pertanian. Yakni, pacul dan sabit.

Meski banyak yang buka usaha, namun tidak ada kendala dalam masalah pemasaran. Sebab, produk yang dihasilkan sudah ada penampungnya. Penampung itulah yang nantinya memasarkan barang ke berbagai kota.”Harga jualnya bervariasi, tegantung bahan dan kualitas. Barang yang jadi sudah ada yang nampung,” katanya.

Source Sentra Kerajinan Pande Besi Di Grobogan Sentra Kerajinan Pande Besi Di Grobogan
Comments
Loading...