Sentra Kerajinan Pande Gong Di Klungkung, Bali

0 294

Sentra Kerajinan Pande Gong Di Klungkung, Bali

Pande Gong Desa Tihingan Klungkung Bali merupakan salah satu tempat dalam daftar kunjung saya, meskipun tidak tahu benar dimana lokasi utama harus dituju ketika telah sampai ke Desa Tihingan ini. Di sebuah rumah bergaya Bali karena melihat penanda mencolok.

Penanda itu berbunyi “I Wayan Mustika, Gong Smith”, lalu ada nomor telepon, nama desa, yang sesuai nama desa dalam daftar kunjung saya itu. Dari luar bangunan tempat ini terlihat lebih baik dan lebih artistik. Desa Tihingan berjarak sekitar 7 km dari kota Klungkung, Bali.

Satu set gamelan Bali lengkap umumnya bisa dikerjakan oleh sepuluh pekerja bengkel dalam waktu sekitar 2 bulan. Harga satu set gamelan itu berkisar dari puluhan sampai ratusan juta rupiah, bergantung pada bahan yang dipakai serta kehalusan pekerjaan. Bahan bakunya adalah campuran kuningan tembaga dengan perbandingan tertentu.

Di sisi sebelah kanan terdapat sebuah ruang dengan koleksi gong dan benda kerajinan lain di Pande Gong Desa Tihingan I Wayan Mustika. Selain terkenal sebagai pembuat gong, Pande Gong Desa Tihingan juga membuat Gender Wayang, Kelentangan (Angklung), Semara Pegulingan, ceng-ceng, kempuk, panggul, kelengkapan gamelan.

Ruang ini sepertinya menjadi bengkel kerja tradisional di rumah Pande Gong Desa Tihingan I Wayan Mustika. Tak ada satu tukang pun yang tengah bekerja saat itu sehingga bengkel kerja ini terlihat bersih. Keadaan bengkel pembuatan gong ini tak beda jauh dengan yang ada, hanya saja terlihat lebih bersih dan terang.

Dari sebelah rumah I Wayang Mustika terdengar bunyi logam beradu, pertanda ada pande gong Desa Tihingan tengah bekerja. Sebagian besar penduduk Desa Tihingan, lebih dari 90%, memang merupakan pengrajin gong, suatu keahlian masyarakat setempat terpelihara secara turun temurun selama berabad. Ruang tengah setengah terbuka dengan beberapa buah gong buatan Pande Gong Desa Tihingan I Wayan Mustika dipajang yang siap pakai dan siap kirim. Sementara tumpukan kenong atau gong kecil pada teras rumah yang tampak di latar belakang tampaknya masih memerlukan sentuhan akhir sebelum siap untuk dijual ke pembeli.

Di pendopo Pande Gong Desa Tihingan  terdapat sejumlah peralatan musik yang terbuat dari bahan bambu dan dikenal bernama Kelentangan. Alat musik bambu yang menyerupai angklung ini terbuat dari susunan bambu, namun diletakkannya secara mendatar, dan dibunyikan dengan cara dipukul, bukan digetarkan.

Source https://www.thearoengbinangproject.com https://www.thearoengbinangproject.com/pande-gong-desa-tihingan-klungkung-bali/
Comments
Loading...