Sentra Kerajinan Patung Dewa Di Jepara

0 292

Sentra Kerajinan Patung Dewa Di Jepara

Pemahat patung di Kelurahan Mulyoharjo, Kecamatan Jepara Kota kebanjiran order menjelang Tahun Baru Imlek. Menariknya, ada yang memerlukan ritual khusus untuk memahat patung dewa yang dipesan. Ada patung Dewa Kwan Kong berukuran lebih besar dibanding patung yang lain. Patung dewa ini merupakan pesanan dari salah satu kelenteng di Makassar.

Sumarno seorang pemahat patung di Kelurahan Mulyoharjo menuturkan bahwa patung tersebut dipesan dari Makassar pada awal Januari lalu. Permintaan dari si pemesan, pembuatan patung tersebut harus dilakukan dengan ritual lebih dulu. Prosesi ritual itu, dituntun melalui ponsel.

“Iya, ada ritualnya. Tanggal dan jam mulai pertama kali ditentukan oleh pemesan. Selanjutnya, membakar dupa. Saya hanya ikuti panduan dari ponsel,” ungkapnya tanpa memberikan keterangan pasti waktu dan tanggal pertana kali membuatnya. Untuk bahan patung dari kayu jati yang diambil dari daerah Blora. Saat ini pengerjaan patung Dewa Kwan Kong sudah 75 persen.

“Ukuran kayu lebih dari dua meter persegi. Untuk harga belum bisa saya sampaikan. Yang pasti kayunya saja sudah puluhan juta,” papar Sumarno. Rencananya, pembuatan patung tersebut akan selesai Februari mendatang. Selain patung Kwan Kong, patung yang dibuat di bengkel kerjanya di antaranya Dewa Bumi Tai San Lose, hingga Dewi Kwan Im. Ukurannya pun bermacam-macam, dari yang ukuran kecil hingga besar.¬†Terkait model, setiap pemesan biasanya telah menyertakan gambar patung. Sementara jenis kayu, ia menggunakan jenis Asam Jawa, Jati, Mahoni dan sebagainya.

Selain dari dalam negeri, pembelinya banyak juga berasal dari negeri seberang semisal Taiwan dan Malaysia. Untuk pasar lokal, produk buatannya telah sampai di Jakarta, Bandung, Medan, Bagansiapi-api dan Bangka Bel itung.Selain patung dewa yang mengikuti pakemnya sendiri, Sumarno juga berkreasi dengan patung yang berasal dari akar kayu jati lawas. Selain unik, kerajinan dari bahan tersebut tak bisa ditiru oleh mesin pengukir kayu.

“Ukiran akar kayu yang saya buat berasal dari pohon Jati tua asal daerah Bojonegoro. Selain padat dan ringan, motifnya tak bisa ditiru oleh mesin ukir kayu CNC Router yang kini telah banyak digunakan di luar negeri, seperti Cina,” terangnya.

Motif yang dibuat, kata Sumarno, masih didominasi oleh ornamen oriental Tionghoa. Sedangkan harga bergantung pada tingkat kesulitan dan ukuran patung.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3840467/mengintip-pembuatan-patung-dewa-jelang-imlek-di-jepara?_ga=2.143896629.1231937105.1524013499-1302190192.1524013499
Comments
Loading...