Sentra Kerajinan Patung Batu Di Trowulan

0 351

Kerajinan Patung Batu

Kerajinan Patung Batu di Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, sebenarnya gemilang. Buktinya, Juma’i, salah seorang perajin di antara 500-an perajin lainnya di sana, mampu mengirim patung batu satu truk ke Bali dengan omzet sekitar Rp 35 juta.

Menurut Juma’i, selama 16 tahun usahanya merintis sebagai perajin patung batu bersama dengan perajin lainnya di Kecamatan Trowulan, boleh dibilang sudah ”habis-habisan”. Namun, apa daya kesalahan strategi pemasaran dan promosi selama ini menyebabkan usaha mereka seperti mubazir.

Meskipun bisa menafkahi keluarga, ia dan sejumlah perajin lainnya sulit untuk menyebut para perajin patung batu di Trowulan telah sukses secara ekonomi. Dibandingkan dengan perajin patung batu asal Bali, menurut dia, sebagian tinggal menerima kiriman dari para perajin patung batu Trowulan.

”Di sana (Bali), sebagian perajin, yang pedagang, tinggal menampung saja di antaranya kiriman kami, dan lantas menjajakannya ke kolektor atau konsumen internasional dengan harga yang sudah naik berlipat-lipat. Bahkan puluhan kali lipat dengan keuntungan luar biasa,” ujar Juma’i belum lama ini. Meskipun Trowulan juga punya potensi, bayang-bayang Bali tetap seperti menghantui perajin asal Trowulan. Buktinya, nama Bali lebih mendunia ketimbang nama Trowulan.

Source Sentra Kerajinan Patung Batu Di Trowulan Sentra Kerajinan Patung Batu Di Trowulan
Comments
Loading...