Sentra Kerajinan Patung Kayu Di Bandar Lampung

0 273

Sentra Kerajinan Patung Kayu Di Bandar Lampung

Pria berkulit hitam bernama Mulyono seorang pengrajin kayu yang juga pemilik Galeri Randu Mas. Alamatnya, di Jalan Cendana Nomor 27, Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung. Mulyono yang ‘menyulap’ kayu tumbang di depan Markas Polda Lampung menjadi patung naga. Ia mengklaim patung tersebut terbesar di Indonesia.

Ayah dua anak itu mengaku sejak kecil sudah mencintai kayu. Berawal dari kecintaannya itulah Mulyono mempelajari teknik berkreasi dengan kayu. “Dari dahulu suka kayu. Tapi, bukan kayu baru, saya suka kayu yang bekas. Misal, bekas rumah tua, lalu saya pilih kayu yang masih bagus,” kata Mulyono di Galeri Randu Mas, Jumat lalu, 3 Maret 2017.

Mulyono bercerita, ia pernah membeli sebuah rumah dengan bangunan kayu pada 1990. Rumah khas Lampung itu dibelinya seharga Rp600 ribu. “Walaupun rumah bekas, tapi kayu-kayunya masih banyak yang bagus. Saat itu, saya dapat kayu 10 kubik kayu yang bagus. Dari situ saya mulai berkreasi,” ujarnya.

Sejak dahulu, ia punya prinsip bila melihat sesuatu yang sudah tak dipakai, timbul keinginan untuk mengubahnya menjadi lebih bernilai. Ia membuat berbagai barang furniture dari kayu bekas. “Sehingga, saya bisa mendapatkan kepuasan batin dan jiwa. Saya senang berkarya dan selalu saya nikmati prosesnya. Kalau karya saya sudah sempurna, itulah kepuasan saya,” kata Mulyono.

Atas kecintaannya itu pula ia membentuk paguyuban Pengrajin Kayu Lampung. Tujuannya, untuk memotivasi orang lain juga turut berkarya. Membuat sebuah karya yang ujungnya bisa dikomersilkan, sehingga bisa mengangkat kesejahteraan. Saat ini, anggota Pengrajin Kayu Lampung lebih dari 70 orang. “Kami mulai membenahi diri sendiri. Saya punya pikiran bagiamana agar mereka dapat mendapatkan suntikan dana lagi dengan cara-cara produktif untuk motivasi lebih maju lagi,” ujarnya.

Source http://duajurai.co http://duajurai.co/2017/03/04/mulyono-pengrajin-kayu-lampung-pembuat-patung-naga-terbesar-di-indonesia/
Comments
Loading...