Sentra Kerajinan Pembuat Dandang Alumunium Di Sragen

0 557

Sentra Kerajinan Pembuat Dandang Alumunium Di Sragen

Terlahir sebagai putra pembuat ember menjadikan Ratno semenjak kecil telah merasakan pahit manisnya berjualan dari bawah dan semakin mendalami seluk beluk dunia usaha. Meskipun tidak meneruskan usaha orang tuanya sebagai pengusaha ember namun Ratno juga mulai menggeluti dunia usaha dari usia muda yakni sebagai pengusaha dandang. Ratno mengatakan dirinya memulai usaha dandang pada tahun 90an berbekal modal 26ribu rupiah.

Dengan 5 karyawan setiap harinya Ratno bisa membuat 10-15 dandang yang dipasarkan oleh pedagang – pedagang pasar kota Sragen, purwodadi, banyuwangi, bahkan hingga ke Papua, Sulawesi, dan Kalimantan. Pengusaha Dandang yang beralamat di Tlebengan RT 02, RW 7 – Sragen Tengah ini menjelaskan saat ini dirinya dapat membuat dandang yang bervariasi mulai dari dandang untuk penjual bakso dandang penjual mi ayam dandang untuk nasi dandang langseng (untuk menanak bungkusan) dan lain-lain.

Bahan baku berupa lembaran stenlis dan aluminium diambil langsung dari Solo. Bahan baku berupa lembaran-lembaran tersebut kemudian dibentuk dengan menggunakan alat dengan ukuran bervariasi mulai dari 6 literan, 10 literan, dan 15 literan. Ratno menambahkan hasil kerja keras yang dibangunnya hingga kini seiring waktu berjalan membuahkan hasil.

Dalam 1 hari dirinya bisa menghasilkan laba bersih 300ribu rupiah dengan akumulasi rata-rata setiap bulan mencapai 9 juta rupiah. Ratno berharap usahanya ke depan semakin maju dan mendapatkan bantuan alat dari pemerintah sehingga jumlah produksi usahanya bisa bertambah setiap harinya.

Source http://umkmsragen.com http://umkmsragen.com/usaha-pembuat-dandang-sejak-tahun-90an/
Comments
Loading...