Sentra Kerajinan Perak Di Gunung Kidul

0 199

Sentra Kerajinan Perak Di Gunung Kidul

Perajin perak dan tembaga di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami kesulitan untuk memasarkan produk perak dan tembaga. Saat ini, kami hanya mengandalkan jaringan pertemanan dalam menjual produk, Salah satu perajin nya adalah Supriyadi.

Ia mengatakan saat ini produk perak dan tembaga dijual ke Jakarta, Kalimantan, Batam, Bandung, dan Sumatera Barat. Kerajinan silver dan tembaga juga dipasarkan di toko-toko batik dan mal di DIY dan Solo, Jawa Tengah.

Omzet per bulan baru mencapai Rp30 juta. Padahal jumlah perajin silver mencapai 126 orang yang terbagi dalam 15 kelompok. Dia mengatakan perajin Surya Silver dapat bertahan dari tahun ke tahun. Selain itu, kerajinan perak mampu mengurangi pengangguran dan menciptakan laprangan pekerjaan bagi warga Blekonang, Kecamatan Tepus.

“Kerajian perak ini menjadi mata pencarian bagi pemuda. Berbagai kreativitas diciptakan oleh pemuda. Kami berusaha memasarkan produk silver dan tembaga,” katanya.

Dia mengatakan kerajian perak dan tembaga yang dihasilkan yakni kalung, cincin, giwang, dan gelang serta berbagai jenis miniatur. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp15 ribu hingga Rp2 juta.

Source Sentra Kerajinan Perak Di Gunung Kidul Sentra Kerajinan Perak Di Gunung Kidul
Comments
Loading...