Sentra Kerajinan Peralatan Dapur Di Kota Batu

0 256

Sentra Kerajinan Peralatan Dapur Di Kota Batu

Beberapa tahun lalu, Dusun Rejosari di Kelurahan Junrejo, Kecamatan JunrejoKota Batu dikenal sebagai sentra kerjainan tangan peralatan dapur. Namun, sejak dua tahun belakangan, sejumlah anak muda di tempat ini lebih memilih bekerja menjadi kuli bangunan daripada mengembangkan usaha yang sudah hidup sejak era 1960 an itu. Sebuah rumah sederhana, di depannya terdapat papan yang bertuliskan Berkah.

Di bawahnya ada keterangan melayani perlatan dapur, souvenir dan terapi. Pemiliknya adalah Tunik Zulaikah, warga Dusun Rejoso,RT 1/RW 10, Kel Junrejo, Kec JunrejoKota Batu. Tunik terlihat sibuk mengurus paketan barang yang akan dikirim ke Bogor. Paket-paket itu berisi peralatan terapi. Tidak jauh dari tempat paket-paket itu dikemas, ada barang-barang lainnya seperti cobek, serok, centong bahkan tas dan entong. Mengawali usaha sejak 1997, Tunik mengatakan kalau saat ini kondisi usaha sedang lemah. Bahkan ia mengatakan kalau kondisi yang ia alami saat ini lebih parah dibanding saat terjadi krisis moneter pada 1998 silam.

Source http://suryamalang.tribunnews.com http://suryamalang.tribunnews.com/2017/10/25/kerajinan-tangan-junrejo-riwayatmu-kini-pengrajin-pilih-kerja-jadi-kuli?page=2
Comments
Loading...