Sentra Kerajinan Rebana Blitar

0 276

Musik merupakan wujud dari ungkapan jiwa seseorang. Tak sedikit manusia meluapkan perasaannya melalui musik. Medianya pun cukup variatif, mulai dari alat pukul/perkusi, petik, dan tiup. Namun, banyak  praktisi musik dan sejarawan mempercayai bahwa alat musik yang pertama kali ada di dunia ini adalah jenis alat musik pukul atau perkusi.

Kerajinan Alat Musik Perkusi Rebana

Di Indonesia, ada satu daerah yang terkenal akan kerajinan perkusinya. Tepatnya di Kecamatan Kepanjen Kidul, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Berjarak sekitar kurang lebih 2 km dari makam presiden Indonesia yang pertama, Soekarno. Kerajinan di kota yang berjuluk Patria ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Ada 150 pengrajin yang tersebar di kecamatan tersebut, yakni di desa Tanggung, Santren, dan Ngadirejo. Perintis dari usaha kerajinan rebana ini yaitu Ulin, ia memproduksi rebana berbagai jenis dan ukuran yang berbeda diproduksi di daerah ini, mulai ukuran paling kecil, 12 cm hingga paling besar 1 meter.

Perkusi jenis Rebana yang dihasilkan oleh pengrajin di Kepanjen Kidul sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bahkan sudah menembus pasar internasional, yaitu di Korea, Tiongkok, Jamaica, dan Jerman.

“Seminggu sekali kita kirim 1500 buah jimbe ke Negara Korea,” ungkap Nursanti, pedagang sekaligus pengrajin jimbe di desa Santren. Dia menekuni usaha ini sejak 14 tahun yang lalu.

Source Sentra Kerajinan Rebana Blitar Menengok Kerajinan Jimbe Blitar
Comments
Loading...