Sentra Kerajinan Rotan Di Bandar Lampung

0 238

Sentra Kerajinan Rotan Di Bandar Lampung

Satu hal yang membuat Suwarno, pengrajin rotan, tetap bertahan menekuni profesi sebagai pengrajin rotan  tak lain karena kecintaan. Usaha ini sudah dilakukan turun temurun di keluarganya. Mencoba usaha lain  pun ia tak berani mencoba karena keahlian yang dimiliki hanya membuat rotan menjadi produk furnitur.

Padahal, lokasi tempat ia menjalankan usaha di Jalan Pageran Diponegoro Bandar Lampung pada 1970 – 1985 menjadi pusat pengrajin rotan di Kota Tapis Berseri. Bahkan daerah tersebut dijuluki “Kampung Rotan” karena banyaknya orang yang bergiat dalam industri ini.

Seiring lesunya industri ini, lanjutnya, mulai  era 90-an, banyak pengrajin rotan asal Bandar Lampung hijrah ke Cirebon mencoba peruntungan membuka usaha kerajinan rotan. Apalagi, Kota Udang tersebut memang terkenal dengan salah satu penghasil produk kerajinan rotan terbaik di Indonesia.

“Saya juga sempat ingin pindah ke sana (Cirebon), tetapi keluarga saya nggak mau karena sudah betah di Lampung. Anak saya sebelum berkeluarga ikut bantu usaha ini, tapi setelah berkeluarga dan mempunyai pekerjaan lain, sudah tidak rutin lagi dampingi saya membuat kerajinan rotan,” ungkapnya.

Source http://lampung.tribunnews.com http://lampung.tribunnews.com
Comments
Loading...