Sentra Kerajinan Rotan Di Cirebon

0 484

Kabupaten Cirebon merupakan wilayah penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia. Sentra kerajinan rotan tersebut hampir tersebar di sejumlah kecamatan. Kecamatan Weru, tepatnya di Desa Tegalwangi merupakan salah satu sentra penghasil kerajinan rotan.

Sam Riyadi salah satu perajin rotan mengatakan kerajinan dan furnitur rotan merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Cirebon. Produknya sebagian besar di ekspor ke Amerika Serikat, Eropa, dan sejumlah negara di Asia.

“Semua kerajinan yang berbahan dasar rotan ada di Desa Tegalwangi, mulai dari proses produksi sampai pemasaran. Ya sekitar 85 persen kerajinan dan furnitur rotan di dunia ini berasal atau di pasok dari Kabupaten Cirebon,” jelasnya. Kerajinan yang berbahan rotan selama ini dikelola masyarakat. Kualitas produk yang dihasilkannya sangat baik. Sehingga kerajinan rotan asal Kabupaten Cirebon ini terkenal hingga mancanegara.

Sam menambahkan, Disperindag juga bersama Setia Kawan Motor telah menyelenggarakan lomba design rotan pada 26-27 September 2016 di Hotel Aston Cirebon. Temanya, ”Akulturasi Kursi Rotan Dengan Budaya Cirebon”. Hal ini dimaksudkan untuk merangsang adanya inovasi dalam membuat design industri mebel berbahan baku rotan. Kriterianya meliputi kursi tamu, mengandung nilai kearifan lokal (budaya Cirebon), mengandung unsure rotan 75 persen, ramah lingkungan, tes beban 150 kg, fungsi (dapat sesuai dengan design) dan ekonomis.

Source Sentra Kerajinan Rotan Di Cirebon Sentra Kerajinan Rotan Di Cirebon
Comments
Loading...