Sentra Kerajinan Rotan Di Desa Tegalwangi

0 281

Sentra Kerajinan Rotan Di Desa Tegalwangi

Perajin rotan di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, gelisah empat bulan terakhir ini. Mereka kesulitan mencari bahan baku sehingga terpaksa berhenti produksi.

Kelangkaan pasokan bahan baku rotan dan mahalnya harga bahan berjenis paku menjadi penyebab utama berhentinya produksi. Akibatnya, para perajin kursi rotan di Desa Tegalwangi mulai tidak bergairah lagi.

Terutama bagi para perajin yang menggunakan rotan berjenis Toiti dan Manao. Para perajin mengalami kesulitan karena sudah lama tidak adanya pasokan bahan baku.

Kelangkaan itu disinyalir karena adanya pemberhentian pengiriman bahan baku dari daerah lain. Bahkan, untuk memenuhi pesanan, para perajin kecil terpaksa harus berbagi bahan baku seadanya.

“Harga bahan baku saat ini masi stabil tidak ada kenaikan. Namun, pasokan bahan rotan khususnya jenis Toiti dari Sulawesi tersendat dan diperkirakan sudah sebulan pabriknya sudah tidak berproduksi,” ujar Wawan, salah satu perajin rotan.

Para perajin pun hanya bisa mengelus dada dengan adanya permasalahan bahan baku produksi rotan yang sudah susah dicari. Sehingga, para perajin berharap kepada pemerintah agar dapat meminimalisasi adanya tindakan ekspor ilegal.

Sementara itu, Kuwu Desa Tegalwangi Asun mengatakan, mengetahui kelangkaan bahan baku rotan sudah empat bulan lamanya. Selama empat bulan itu para perajin kecil banyak yang kesusahan mencari bahan baku rotan.

Bahkan, karena kelangkaan bahan baku tersebut, banyak perusahaan-perusahaan besar rotan yang terpaksa harus menolak order. “Terpaksa, kalau perusahaan besar sih banyak yang menolak order karena kelangkaan bahan baku,” ucapnya.

Asun berharap, pemerintah pusat maupun daerah agar bisa meminimalisasi tindakan ekspor ilegal. Karena saat ini pasar rotan di desanya sudah ramai dan banyak pesanan. “Jangan sampai bahan baku itu diekspor,” imbuhnya.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/jpg-today/09/10/2017/duh-pesanan-kerajinan-rotan-meningkat-bahan-baku-langka
Comments
Loading...