Sentra Kerajinan Rotan Sukoharjo

0 606

Sentra industri kerajinan rotan di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak berubah menjadi kampung wisata. Para pengunjung dapat melihat langsung proses produksi kerajinan rotan mulai dari tahap awal hingga akhir.

Salah satu perintis di Desa Trangsan, Suparji, mengatakan sentra industri kerajinan rotan di Desa Trangsan memiliki keunikan dan daya tarik bagi masyarakat. Mayoritas warga setempat merupakan perajin rotan. Desa Trangsan merupakan sentra industri rotan terbesar di wilayah Jawa Tengah.

Apalagi wilayah Desa Trangsan cukup strategis lantaran berdekatan dengan Kota Solo, Bandara Adi Soemarmo dan Stasiun Gawok. Kondisi ini memudahkan akses pengembangan sentra industri kerajinan rotan di Desa Trangsan.

Koperasi Trangsan Manunggal Jaya adalah koperasi yang menaungi seluruh pengrajin mebel rotan di Desa Trangsan. Koperasi ini mengelola terminal bahan baku rotan yang mayoritas dipasok dari Sulawesi dan Kalimantan.

Di sisi lain, seorang pengurus Koperasi Trangsan Manunggal Jaya sekaligus pengrajin rotan di Desa Trangsan, Suryanto, mengatakan konsep pembentukan kampung wisata selaras dengan UU No No 6/2014 tentang Desa yang bertujuan memberdayakan potensi setiap desa. Sehingga desa dapat mandiri dan mampu mempercepat pembangunan.

Dia berharap dengan dibentuknya kampung wisata di Desa Trangsan maka masyarakat bakal mengenal produk kerajinan rotan.

Source Sentra Kerajinan Rotan Sukoharjo Trangsan Jadi Kampung Wisata Rotan
Comments
Loading...