Sentra Kerajinan Sanggul Di Brebes

0 461

Sentra Kerajinan Sanggul Di Brebes

Hari Kartini menjadi berkah bagi perajin sanggul di Brebes, Jawa Tengah. Banyaknya masyarakat yang membutuhkan sanggul untuk perayaan Hari Kartini produksi pembuatan sanggul pun meningkat hingga 50 persen. Salah seorang pengrajin sanggul, Junaenah, asal Keluarahan Limbangan, Brebes, mengaku meningatkan produksi sanggulnya. Pesanan sanggul yang ia terima beberapa hari terakhrir menjelang peringatan Hari Kartini meningkat hingga 50 persen.

“Pada hari hari biasa, saya hanya memproduksi sekitar 50 buah sanggul. Namun seminggu terakhir saya memproduksi seratus sanggul, kadang lebih,” ujar Junaenah. Agar pelanggan tidak kecewa dan pesanan terpenuhi, Junaenah terpaksa menambah pekerja. Pada hari biasa, ia hanya dibantu suami dan anaknya. Namun saat ini, ia menambah tiga orang pekerja.

Selain itu, Junaenah juga menambah jam kerja hingga jam delapan malam. Pada hari biasa ia mulai membuat sanggul sejak pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB.


“Para pelanggan mayoritas warga lokal sendiri. Harga sanggul mulai dari Rp5 ribu hingga Rp50 ribu per sanggul,” ungkapnya.

Sanggul yang diproduksi di antaranya sanggul model Jawa, Solo, modern, tradisional, Syahrini, Bunga Citra Lestari, dan Soimah. Harganya pun bervariasi, tergantung model, mayoritas memburut sanggul model Jawa. Salah satu pembeli, Watmah mengaku senang dengan sanggul buatan Junaenah. Selain harganya murah, kualitasnya juga bagus.

“Ya saya biasa nyari disini. Kalau di sini tidak ada baru mencari di toko lain. Cari model modern sama Jawa Solo,” katanya.

Sanggul buatan Junaenah terbuat dari bahan sintetis atau plastik. Konsumen lebih memilih sanggul berbahan sintetis karena tanah lama. Sementara, sanggul yang terbuat dari rambut asli mudah bau dan rusak.

Source http://jateng.metrotvnews.com http://jateng.metrotvnews.com/read/2016/04/21/516928/produsen-sanggul-banjir-pesanan-di-hari-kartini
Comments
Loading...