Sentra Kerajinan Sangkar Burung Di Purworejo

0 421

Sentra Sangkar Burung

Jenis usaha kerajinan sangkar burung adalah usaha yang sangat Booming di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Permintaan sangkar burung di Purworejo sendiri dalam satu hari mencapai 100 buah per harinya. Salman salah satu warga dengan workshop di Desa Wirun Rt.01/08 Kutoarjo, Purworejo yang juga merupakan salah satu dari 40 UMKM yang bergerak dalam usaha pembuatan Sangkar Burung di Purworejo.
Rata-rata tiap pelaku usaha dibantu sebanyak 5 – 10 orang tenaga kerja, sehingga dalam satu hari kapasitas produksi mencapai 15 pcs. Pembuatan Sangkar Burung di Purworejo sendiri tergolong unik, karena produk yang dibuat dalam bentuk costumized sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya bentuk Costumized disesuaikan jenis bahanbaku maupun penambahan ukiran dari bentuknya. Lama waktu pengerjaan pesanan coztumized biasanya tak lebih dari 2 hari.
Harga yang ditawarkan juga beragam, tergantung dari jenis dan model pesanan. Harga sangkar burung polos yang ditawarkan biasanya berkisar antara Rp 13 ribu – Rp 235 ribu per pcs. Sedangkan untuk produk dengan penambahan pernis maupun pewarnaan biasanya dikenai tambahan biaya sebesar Rp 25 ribu – Rp 50 ribu.
Selain dipasarkan melalui pameran, para pengrajin Sangkar Burung ini biasanya memamerkan produknya saat lomba kicau burung berlangsung di beberapa kota. Penjualan secara langsung juga dilakukan, sebab para penghobi burung biasanya mendatangi langsung melalui informasi di komunitas yang digemarinya tersebut.
Penyebaran produk Sangkar burung buatan Purworejo ini selain sudah menjangkau wilayah Pulau Jawa juga tersebar ke beberapa wilayah di pulai lain, seperti Lampung, Padang di Sumatera,Bali, Makasar dan Madura.
Untuk mendapatkan produk Sangkar burung biasanya pembeli mendatangi langsung para pengrajin.
Source Sentra Kerajinan Sangkar Burung Di Purworejo Sentra Kerajinan Sangkar Burung Di Purworejo
Comments
Loading...