Sentra Kerajinan Sangkar Burung Jember

0 337

Kerajinan Sangkar Burung

Kerajinan hasil dari tangan-tangan terampil masyarakat Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember kerajinan Sarang Burung Perkutut ternyata juga sudah dikenal luas di Indonesia. Produk andalan yang membuat nama Sukowono dikenal luas tersebut diproduksi di sentra sangkar burung yang berada di sebuah desa bernama Dawuhan Mangli Membuat sangkar burung perkutut merupakan kegiatan industri rumahan yang bisa melibatkan semua anggota keluarga. Maka tak heran bila mayoritas masyarakat desa menjadi pengrajin sangkar burung perkutut di desa tersebut.

Beberapa pengrajin mengaku di setiap pekannya masing-mereka mapu memproduksi sebanyak 10 sangkar bila permintaan kualitas yang sangat bagus, dan 8 sangkar bila permintaan kualitas yang standart, tergantung konsumen. Kualitas yang membedakan biasnya terdapat pada lukisan motif yang terdapat di sangkar burung tersebut. Bila motif yang bagus dan agak rumit, maka pengerjaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bisa sampai 3 hingga 4 hari per sangkarnya. Kemudian juga dari bentuk yang diinginkan konsumen. Para pengrajin di Desa Dawuhan Mangli menyediakan dua bentuk, yaitu melingkar dan persegi.

Awalnya memang dulu pekerjaan membuat sangkar burung perkutut merupakan pekerjaan sambilan warga desa. Namun seiring berkembangnya desa yang sudah dijadikan sebagai sentra industri sangkar burung ini, warga desa benar-benar serius dan membuatnya sebagai pekerjaan utama. Meski begitu, pembuatan sangkar burung perkutut tetap mengandalkan peralatan-peralatan sederhana.

Warga desa membuat secara bersama-sama dan dikerjakan secara tradisional dengan tangan. Dengan sistem seperti itu, warga desa sudah turut mempertahankan cara pembuatan secara tradisional. Hal itu pula yang yang membuat produk sangkar burung perkutut dari Desa Dawuhan Mangli makin dikenal dan bisa bersaing di pasaran. Permintaannya pun tak hanya dari Jawa Timur saja, namun juga datang dari daerah Jateng, Jabar, Jakarta, Bali, hingga Pulau Sumatera

Source Sentra Kerajinan Sangkar Burung Jember Sentra Kerajinan Sangkar Burung Jember
Comments
Loading...