Sentra Kerajinan Sapu Di Banyumas

0 175

Desa Kajongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Banyumas dikenal sebagai sentra kerajinan sapu. Sekitar seratusan warga desa ini secara turun temurun menekuni usaha kerajinan sapu untuk memenuhi permintaan pasar lokal, luar daerah hingga pasar ekspor. Kerajinan sapu tersebut semakin bergairah karena ditunjang dengan perkembangan wisata Banyumas yang kian berkibar.

Mereka sebagian besar berada di Dusun I, Dusun II dan Dusun III,” tutur perajin sapu, Mustangin. Dia menambahkan, kerajinan sapu tersebut sudah puluhan tahun dijalani masyarakat. Tidak mengherankan, Desa Kajongan tersohor dengan kerajinan sapu. Ada berbagai jenis sapu yang diproduksi yakni, sapu ijuk, sapu lidi, sapu gelagah, sapu sabut kelapa dan sapu hamada.

Selain kualitas bahan baku yang baik, kualitas garapannya juga tidak diragukan lagi. Harganya juga cukup bersaing. Kerajinan sapu dan souvenir tersebut semakin menggairahkan karena didukung oleh pemerintah desa dengan dibangunnya showroom yang dikelola oleh BUMDes Kajongan. Ada belasan kios yang meramaikan showroom tersebut. Kios-kios itu dibangun dari dana Desa Tahun Anggaran 2015 sebanyak 5 kios, Tahun 2016 sebanyak 2 kios dan dari PADes yang dikelola BUMDes sebanyak 6 kios. Dengan semakin baiknya daya dukung tersebut, para perajin sapu membuat satu wadah untuk meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidup yang lebih baik dengan membentuk kelompok yakni Kelompok Kerajinan Sapu Askarira

Source Sentra Kerajinan Sapu Di Banyumas Sentra Kerajinan Sapu Di Banyumas
Comments
Loading...