Sentra Kerajinan Sepatu Cardola Di Sragen

0 288

Sentra Kerajinan Sepatu Cardola Di Sragen

Usaha pembuatan sepatu yang beralamat di Matuk RT 14/6 Padas, Tanon, Sragen ini memang terletak jauh di sebelah utara pusat pemerintahan Kabupaten Sragen. Namun, Sepatu Cardola sudah tersebar di toko-toko sepatu di Karesidenan Surakarta, hingga merambah ke pulau Sumatra dan Sulawesi. Distribusi sepatu yang begitu masif ke berbagai daerah dipengaruhi oleh pengalaman pemiliknya, Suparno.

Pengalamanya dulu mempelajari pemasaran penjualan sepatu saat masih bekerja di suatu pabrik sepatu di daerah Semarang, setelah mengetahui seluk beluk pemasaran sepatu, Suparno memberanikan diri untuk pulang ke kampung halamannya untuk membuat sepatu dan memasarkannya sendiri. Saat berdiri pada tahun 1992-an, Sepatu Cardola masih dibantu oleh dua orang tukang sepatu.

Usaha pembuatan sepatunya lambat laun mulai berkembang, semula sepatu yang hanya dipasarkan di daerah Sragen kini mulai berkembang pesat dengan menerima pesanan partai grosir dari para penjual sepatu luar Jawa. Dengan bertambahnya pesanan sepatu dalam jumlah besar setiap bulannya, kini usaha Sepatu Cardola telah mempekerjakan sekitar 14 orang.

Dengan memaksimalkan pekerja dan proses produksi yang sudah dibantu dengan mesin, setiap harinya Sepatu Cardola mampu membuat kurang lebih 30 pasang sepatu dan 40 pasang sandal. Baik sepatu maupun sandal semuanya berbahan kulit sehingga jenisnya lebih condong kemodel formal atau kantoran.

Dalam pembuatan pesanan sepatu, Suparno beserta pekerjanya membutuhkan waktu pengerjaan paling cepat selama 1 hingga 3 minggu. Lamanya proses produksi dipengaruhi oleh jumlah sepatu yang dipesan serta bentuk atau model yang diinginkan oleh pemesan. Semakin rumit model sepatu atau sandal yang dipesan oleh pelanggan, otomatis juga mempengaruhi semakin lamanya proses pembuatannya.

Proses pertama pembuatan sepatu adalah menempatkan bahan-bahan baku dalam cetakan sepatu. Lalu proses selanjutnya adalah pemberian pola serta mendesain sesuai pesanan. Untuk desain sepatu dan sandal, Suparno selalu memprioritaskan desain yang telah ditentukan pemesan, baik desain yang telah tersedia di rumah produksinya maupun desain yang dibuat sketsanya oleh si pemesan sendiri. Terakhir, proses finishing dengan memoles sepatu agar terlihat menarik dan siap untuk dikirim ke berbagai daerah.

Source http://umkmsragen.com http://umkmsragen.com/sepatu-cardola-dari-tanon/
Comments
Loading...