Sentra Kerajinan ShuttleCock Di Nganjuk

0 335

Desa Sumengko boleh dikata sentra industri kecil shuttlecock di Kabupaten Nganjuk. Banyak perajin yang memproduksi shuttlecock. Industri kecil ini terus berkembang. Bukan saja menembus pasaran nasional, tetapi juga luar negeri. Shuttlecock mulai dikenal di Desa Sumengko tahun 80-an. Dua tahun kemudian, persisnya tahun 1984, cock produksi Sumengko mulai keluar daerah. Tanpa label atau tanpa identitas produksi. Istilahnya, produk disetor ke juragan dengan kosongan.

“Sebelum membuat shuttlecock saya bekerja mencari bulu menthok. Bulu-bulu berukuran tertentu terse­but kemudian kami setor ke juragan. Ternyata bulu-bulu menthok itu di­produksi menjadi cock untuk bulu tangkis” kata Sujadi, pemilik Mitra Cock.

Sejak itu Sujadi tidak lagi menye­tor bulu-bulu itu ke industri kecil yang dipasok. Dengan modal Rp 15 ribu Sujadi kemudian memproduksi sendiri hingga akhirnya menjadi perusahaan Mitra Coks seperti sekarang. Karena tidak susah memproduksi cock, maka orang sekampung akhirnya dia ajak menjadi mitra.

Teknik Pembuatan Cock

Dalam membuat cock, pertama-tama yang dilakukan adalah mengumpulkan bulu. Bulu menthok adalah yang paling bagus. Bulu dicabut langsung dari menthok berdasarkan ukuran tertentu. Pencabutan harus hati-hati karena bulu tidak boleh patah. Bulu didapatkan dari Jombang, Mojokerto, Madiun dan Solo. Ada juga yang diimpor dari Taiwan.

Bulu kemudian dicuci bersih lalu dikeringkan. Dijemur alami di panas matahari paling bagus agar tidak  merusak warna alami bulu. Setelah mengering dilakukan proses sortir. Bulu dipilih berdasarkan kategori 1,2,3 dan super. Kemudian dipotong- potong berdasarkan kualitas tersebut. “Bulu bagian atas tak terpakai, yang terpakai adalah bagian bawah yang terdapat tangkainya” kata Sujadi.

Proses selanjutnya memasukkan tangkai bulu ke lubang-lubang kayu khusus berbentuk setengah ling­karan, setelah itu dijahit memakai benang besar agar tidak terlepas. Setelah distel sesuai kecepatan yang diinginkan baru kemudian dilem, diberi label produksi, lalu dikemas dalam slop-slop khusus.

Source Sentra Kerajinan ShuttleCock Di Nganjuk Sentra Kerajinan ShuttleCock Di Nganjuk
Comments
Loading...