Sentra Kerajinan Songkok Bambu Di banyuwangi

0 274

Sentra Kerajinan Songkok Bambu Di banyuwangi

Pemesanan songkok bambu di sentra industri kerajinan bambu Gintangan Banyuwangi saat Lebaran meningkat hingga 100 persen. Bukan hanya songkok, tapi pemesanan untuk wadah parcel, tempat tisue, rantang, tempat hantaran juga mengalami peningkatan.

“Permintaan jelang Lebaran tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun kemarin. Biasanya hanya dua orang yang bekerja tapi agar targetnya tepat waktu saya nambah 3 pekerja jadi total lima orang sejak awal puasa kemarin,” jelas Untung Hermawan (45) salah satu perajin warga¬†Dusun Krajan RT 5 RW 1, Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi.

Namun, meningkatnya pesanan tidak diimbangi oleh jumlah penganyam yang jumlahnya semakin sedikit. Dalam sehari Untung bisa menghasilkan rata-rata 50 songkok bambu.

Menurut Untung pemesan banyak berasal dari Jember, Tulung Agung, Kediri, Sidoarjo, Surabaya, Malang dan Madura. Walau permintaan meningkat, Untung menyebut, harga songkok masih normal dan tidak ikut naik. Ia mencontohkan satu songkok bambu dihargai sebesar Rp. 30.000.

“Omzet ada kemungkinan bertambah karena masih ada pesanan yang belum digarap,” ujarnya. Peningkatan pesanan ini otomatis melambungkan omzet penjualan. Untuk menyebut, sejak awal Ramadhan dia sudah meraup Rp 30 juta. pada bulan-bulan biasa, dia hanya bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 15 juta.

Source Sentra Kerajinan Songkok Bambu Di banyuwangi Sentra Kerajinan Songkok Bambu Di banyuwangi
Comments
Loading...