Sentra Kerajinan Songkok Di Gresik

0 582

Sentra Kerajinan Songkok Di Gresik

Blandongan menjadi sentra produksi kopiah (songkok) Awing. Songkok Awing merupakan industri rumahan songkok tersohor yang terletak di Kelurahan Blandongan, Kabupaten Gresik. Sejak abad ke-16 ketika Gresik menjadi kota bandar paling ramai di Jawa, industri rumahan peralatan ibadah menjamur di sana. Sebut saja songkok, sarung, pakaian muslimah, bahkan batik sempat tenar di Gresik. Namun, songkok Awing bukan produsen songkok tertua, “Tapi kami yang pertama membuat songkok tanpa kertas,” kata Suraji salah seorang perajin.

Songkok Awing didirikan sejak 1986 oleh H. Anwar Ilyas dengan mengkoordinasi beberapa perajin songkok yang ada di Blandongan. Bersama salah satu orang kepercayaannya, Abed Hakim atau biasa dipanggil Awing, mereka membuat inovasi songkok tanpa kertas. Songkok Awing beralih menggunakan bahan kain yang kaku dan keras sebagai pengganti kertas. Kain-kain itu diimpor dari Jepang, sedangkan bagian luar yang berbahan kain beludru lokal mapun impor dari Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Di Kampung Blandongan terdapat Pondok Pesantren Yai Kholil yang didirikan oleh KH. M. Kholil (Gresik). Nama itu diabadikan menjadi nama jalan di daerah tersebut. Pondok Pesantren itu jaraknya beberapa puluh meter dari Kompleks Perguruan dan Rumah Sakit Muhammdiyah. KH. M. Kholil Gresik merupakan santri dari KH. M. Kholil Madura. KH. M. Kholil bernama asli Marlikhan yang lahir tahun 1881 M. Beliau merupakan putra Syamsudin seorang pekerja kapal antar pulau, sedangkan ibunya bernama Muslikhah.

Source Sentra Kerajinan Songkok Di Gresik Sentra Kerajinan Songkok Di Gresik
Comments
Loading...