Sentra Kerajinan Talenan Kayu Di Semarang

0 434

Sentra Kerajinan Talenan Kayu Di Semarang

Lebih dari setahun Zainullah, warga Desa Jebung Kidul Dsn. Karang Tengah RT.11 Kecamaran Tlogosari, memanfaatkan berbagai limbah kayu berbagai jenis kayu menjadi produk home industri, berupa Talenan dengan peralatan hasil pinjaman dari saudaranya.

Zainullah ketika ditemui di tempat kerjanya menjelaskan, “Awalnya saya bekerja mengukir kayu meubel dan kemudian bekerja di salah satu meubel sebagai pengukir meubel, hingga akhirnya saya putuskan berhenti dan memproduksi Talenan ,” ujarnya Zainul.

Kerjaan ini sudah dijalani selama hampir 1 tahun hingga usahanya membuahkan hasil. Imbuhnya Zainul, “Saya berharap bantuan peralatan kerja seperti mesin penghalus kayu, pemotong kayu, bor, dan mesin ampelas, dimana selama ini peralatan yang saya gunakan dari pinjaman milik saudara yang berprofesi sebagai tukang,” imbuhnya.

Kini hasil produksi Zainullah berhasil dipasarkan ke Bondowoso, Situbondo, Jember dan Banyuwangi dengan harga cukup murah, sehingga setiap dua hari sekali pedagang pengepul datang mengambil barang yang dipesannya. Sementara permintaan barang konsumen semakin banyak, namun perlatan, modal, dan tenaga kerja kurang memadai, sehingga membuat Zainullah kewalahan.

Kepala Desa Jebung Kidul Ali Samsidin ketika ditanya hal itu mengatakan, “Memang hal itu sudah saya pikirkan, bahkan sudah masuk dalam rancangan pada tahun 2018 ini dengan memberikan bantuan sesuai kebutuhan Zainullah,” ujar Ali Samsidin.

Source http://wartahukum.net http://wartahukum.net/2017/09/zainullah-memanfaatkan-limbah-kayu-menjadi-kerajinan-rumah-tangga/
Comments
Loading...