Sentra Kerajinan Tas Di Tanggulangin

0 204

Sentra Kerajinan Tas Di Tanggulangin

Jangan langsung puas dengan karya yang dimiliki. Berani keluar dari berani keluar dari zona nyaman dan temukan hal-hak baru yang tak disangka. Seperti yang dilakukan Abdul Hamid, pengrajin tas dari Tanggulangin. Tadinya, Hamid hanyalah pengrajin tas biasa seperti warga Tanggulangin pada umumnya.  Namun, ia merasa kurang puas dan mencoba sesuatu yang baru. Kini, Hamid merupakan pioner pengrajin tas golf di Kota Delta.

“Bosen saja mengerjakan hal yang sama seperti orang-orang. Coba-coba bikin tas golf, ternyata bisa,” kata Hamid saat ditemui di bengkelnya di Desa Kalitengah, Tanggulangin.

Hamid menuturkan usaha ini sudah ia geluti 25 tahun. Ketika masih membuat tas biasa, ia ingin mencoba membuat sesuatu yang baru. Hamid melirik tas golf karena tas tersebut biasanya masih produk impor yang harganya belasan hingga puluhan juta. Pun pengrajin tas di Tanggulangin belum ada yang membuatnya.

Lalu Hamid membeli tas golf bekas. Tas tersebut langsung dibongkar untuk kemudian ia buat pola dari potongan-potongan tas tersebut.

“Setelah dibongkar saya rakit kembali. Saya coba buat tas baru dari pola bahan yang sudah saya buat dari hasil bongkaran, ternyata bisa,” sambungnya.

Produk pertamanya dibeli salah satu BUMN ketika ia sedang berpameran di Surabaya pada akhir 90-an. Sejak saat itu, Hamid semakin percaya diri. Sekarang, semua model tas golf bisa dibuat. Masyarakat yang ingin memesan tinggal pilih model terserah mereka.

Hamid pasti bisa mengerjakan dengan kualitas akhir yang tak kalah apik seperti merek aslinya. Dalam sebulan, Hamid mampu mengerjakan sekitar 50 tas golf. Itupun sebagian besar sudah pesanan. Dijelaskan, Hamid memiliki kesepakatan dengan pelanggan dari Malaysia untuk membuat sejumlah tas golf per bulannya. Harusnya, ia mengirim tas-tas tersebut langsung ke alamat pelanggannya itu.

Namun, oleh Bea Cukai, produk Hamid digolongkan sebagai produk mahal sehingga ia kesulitan biaya untuk mengirimkannya. Harga biaya kirim per tas sama seperti biaya produksinya.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2018/01/04/kisah-hamid-pengrajin-tas-tanggulangin-yang-keluar-dari-zona-nyaman-bikin-produk-nyeleneh-ini?page=2
Comments
Loading...