Sentra Kerajinan Tas Kulit Di Semarang

0 728

Kerajinan Tas Kulit

Sentra Kerajinan Tas Kulit Palupi Craft dan Zawa Leather Bag yang dibantu promosi dan pemasarannya oleh pemerintah setempat. Palupi Craft berdomisili di daerah Tlogosari Semarang Timur dan Zawa Leather Bag berdomisili di daerah Erowati Semarang Barat. Pelan tapi pasti mereka mengalami progress yang cukup signifikan dalam pembenahan kualitas dan desain.
Untuk kerajinan tas kulit ini, hal yang paling mendasar adalah desain, pemilihan material dan pembahanan, cutting, stiching dan finishing. Desain memegang peranan yang sangat penting dalam visualisasi produk di mata customer. Pemilihan material dan pembahanan juga menjadi faktor penentu daya gedor pasar, disamping cutting dan stiching (jahitan) yang rapi dan finishing produk.
Memang pada awalnya kelemahan UMKM adalah dalam hal desain, tetapi dengan banyak referensi kelemahan ini berangsur-angsur sudah berkurang. Terbukti dengan munculnya desain – desain baru dari UMKM binaan kami tersebut yang cukup “eye catching” dan menarik untuk pasar import. Kombinasi kulit dengan batik dan kulit dengan rajutan memang membawa daya tarilk yang luar biasa.
Dengan peralatan yang sudah diperbaharui dan dengan peningkatan skill dari pekerja, masalah cutting, stiching dan finishing pun sudah tidak menjadi masalah lagi. Ternyata UMKM kami ini mau dan berani berinvestasi dengan mesin-mesin yang lebih canggih dari sebelumnya, sehingga kualitas dan kapasitas bisa ditingkatkan.
Beberapa buyer dari luar negeri seperti dari Singapore, Selangor dan Sabah untuk peluang kerjasama dengan kedua UMKM tersebut. Kami memang sedikit mengulur waktu agar UMKM binaan kami tersebut sudah cukup waktu untuk membangun kepercayaan diri untuk pasar ekspor. Setelah beberapa bulan kami mengulurnya, sepertinya sudah waktunya bagi kami untuk mempromosikan produk tersebut, melalui pemasaran secara langsung.
Source Sentra Kerajinan Tas Kulit Di Semarang Sentra Kerajinan Tas Kulit Di Semarang
Comments
Loading...