Sentra Kerajinan Tasbih Desa Tutul

0 242

Lokasi Sentra Kerajinan Tasbih

Desa Tutul, di Kecamatan Balung Jawa Timur yang sudah  menjadi desa percontohan sentra industri kecil. Ditandai dengan banyak industri kecil dan kerajinan yang meningkatkan taraf hidup masyarakat. Desa ini berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Jember. Letaknya yang relatif jauh dari kawasan ekonomi perkotaan, mendorong warganya berupaya keras membangun industri dengan keahlian yang dimiliki. Tak heran, kemampuan membuat kerajinan dari kayu ibarat sudah mendarah daging bagi warga Desa Tutul.

Sebagai pusat produksi kerajinan kayu berupa tasbih yang palingbanyak diproduksi sekarang ini berbahan kayu. Ribuan warga yang mahir membuat aneka aksesori dari kayu bisa menembus ekspor ke Cina dan dijual lokal di Banyuwanagi, Bali, Jakarta, Surabaya dan kota lainnya.

Lantaran bersifat industri rumahan, kegiatan produksi dilakukan warga di rumah masing-masing. Salah satu warga yang berbisnis kerajinan tasbih selama 17 tahun, Acmad Soni mengatakan pihaknya tetap eksis membuat tasbih karena pak Soni menambahkan, mayoritas warga Desa Tutul memang berprofesi sebagai perajin kayu. Perajin sering melimpahkan order kepada warga sekitar. Sekarang,Soni sudah mempekerjakan sebanyak 20 perajin di rumahnya yang sekaligus menjadi pabrik kayu pemrosesan tasbih dengan upah sekitar Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per hari.

Setiap kayu yang diterima perajin sudah digergaji dan dipotong-potong dalam ukuran tertentu. Proses mulai kayu digergaji sampai berbentuk bulatan tasbih kemudian diberi pewarna dan menjadi untaian tasbih sekitar satu minggu.saran stabil. Pengrajin Tasbih Desa Tutul menggunakan Kayu kukun dari sekitar Bondowoso sedangkan kayu gaharu yang bagus dari Kalimantan.

Source Sentra Kerajinan Tasbih Desa Tutul Sentra Kerajinan Tasbih Desa Tutul
Comments
Loading...