Sentra Kerajinan Tenun Di Jogjakarta

0 203

Kerajinan Tenun

Menjelajahi tempat-tempat wisata di Jogja tidak akan ada habisnya. Di Dusun Gamplong, Kelurahan Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Sleman, sebuah desa yang merupakan sentra kerajinan kain tenun di Jogja dan kemudian terkenal dengan sebutan “Desa Wisata Gamplong”.

Dusun Gamplong ternyata merupakan sebuah dusun kecil. Tapi, dusun ini disebut sebagai sentra kerajinan tenun tradisional di Jogja karena cukup banyak warga yang memiliki usaha sebagai pembuat kain tenun tradisional yang menggunakan ATBM. Kerajinan tenun ATBM di Dusun Gamplong mulai dirintis pada kisaran tahun 1950an, dimana awalnya pengrajin hanya memproduksi tenun gendong atau tenun agel atau sejenis bagor.

Namun kini, produk yang dihasilkan oleh pengrajin tenun di Dusun Gamplong semakin beragam dengan motif-motif yang semakin beragam dan berkembang. Kreativitas pengrajin juga semakin tinggi karena mampu memanfaatkan eceng gondok, lidi kelapa, mendong dan akar wangi sebagai bahan untuk membuat produk istimewa yang mempunyai nilai jual.

Dari sejumlah pengrajin tenun di Dusun Gamplong, salah satu tempat yang cukup menarik dan terkenal untuk dikunjungi adalah Nopi Craft milik Ibu Nopi. Di sini bisa melihat langsung proses pembuatan kain tenun untuk berbagai keperluan dan menggunakan berbagai jenis bahan baku. Kita bisa menyaksikan para pekerja, yang nyaris seluruhnya sudah lansia, membuat kain tenun dengan sangat cermat dengan menggunakan ATBM.

Source Sentra Kerajinan Tenun Di Jogjakarta Sentra Kerajinan Tenun Di Jogjakarta
Comments
Loading...