Sentra Kerajinan Tulang Sapi Cileunyi

0 230

Umumnya tulang sapi biasa dimanfaatkan sebagai bahan olahan kuliner yang lezat seperti sup iga atau kaldu. Namun berbeda dengan warga di Kampung Pasir Tukul, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi. Di sana, tulang sapi diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan unik.

Di bengkel kerajinan milik keluarga Idin misalnya. Tulang sapi diolah menjadi beragam barang yang memenuhi unsur seni dan fungsi seperti cangklong, kalung, gantungan kunci, tongkat, dan berbagai barang kerajinan lainnya.

Idin, menekuni kerajinan tulang sapi bersama keluarganya sejak tahun 1970-an. Keahlian mengolah tulang sapi menjadi berbagai kerajinan tangan ia dapatkan dari orangtuanya. Kemudian keahlian tersebut ia tularkan pula kepada keluarganya. Hingga kini ia dan keluarganya menekuni usaha bengkel kerajinan tulang tersebut.

Menurutnya, tulang sapi lebih cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan kerajinan dibanding tulang hewan lainnya. Selain mudah didapatkan, tulang sapi memiliki bentuk tulang yang lebih panjang dari hewan lain. Tulang sapi itu lebih kuat dan tidak mudah keropos. Berbeda dengan tulang kerbau yang berukuran lebih pendek atau tulang kuda yang mudah keropos.

Kerajinan tulang asal kampung Pasir Tukul mampu menembus pasar nasional bahkan ke mancanegara seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang. Meski omsetnya berkurang akibat kendala pemasaran dan harga bahan baku yang semakin melambung, Idin masih mempertahankan usaha kerajinan tulang bersama keluarganya sebagai ciri khas kampung Pasir Tukul.

Source Sentra Kerajinan Tulang Sapi Cileunyi Ingin Pesan Kerajian dari Tulang Sapi, Datang ke Cileunyi
Comments
Loading...