Sentra Kerajinan Ukir Kayu Subang

0 441

Lokasi Sentra Ukir Kayu

Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang merupakan salah satu sentra ukiran kayu yang ada di Kabupaten Subang dimana usaha produksi Ukiran Kayu dengan jenis komoditi miniatur binatang ini merupakan usaha turun temurun. Adapun jenis komoditi ukiran kayunya diantaranya seperti miniatur bebek, kura – kura, macan, sisingaan, golek, dan masih banyak jenis miniatur binatang lainnya sesuai dengan jenis pesanan dari buyer.

Perintis dari Kerajinan Ukir Kayu Subang ini adalah Hernawan. Ukiran Kayu Kabupaten Subang ini menggunakan kayu lame sebagai bahan bakunya, dimana keunggulan kayu lame ini mempunyai tekstur permukaan yang lembut, pori-pori relatif kecil, mudah dibentuk, mempunyai daya tahan yang tinggi sehingga sangat sesuai dengan cara pemberian motif untuk produk ukiran kayu Kabupaten Subang  mempunyai ciri khas ini, dimana pemberian motif pada produk kerajinan ukiran kayunya yaitu dengan menggunakan bantuan Solder atau biasa disebut dengan sistem krek, sehingga terlihat lebih alami dan berbeda dengan produk IKM Ukiran Kayu luar Subang.

Metode Pemberian Motif Pada Ukiran

Adapun metode pemberian motif dengan system krek ini yaitu dengan cara memanaskan jarum solder kemudian digores-goreskan keatas permukaan ukiran kayu baik yang telah diberi motif, maupun yang langsung dibentuk motifnya dengan menggunakan solder tersebut. Pemberian motif ini dilakukan untuk memberi efek bulu yang alami pada produk – produk Ukiran Kayu dengan jenis miniatur binatang yang berbulu.

Source Sentra Kerajinan Ukir Kayu Subang Sentra Kerajinan Ukiran Kayu Subang
Comments
Loading...