Sentra Kerajinan Vas Keramik Dinoyo

Kampung Wisata Keramik Dinoyo
0 405

Sentra Kerajinan Vas Keramik Dinoyo

Kampung Keramik Dinoyo. Kawasan yang terletak di barat laut Malang, merupakan sentra kerajinan keramik yang sudah kondang di seantero Nusantara. Kawasan yang menjadi sentra kerajinan keramik ini meliputi wilayah di Jl. MT Haryono IX,XI, dan XIII. Pada musim liburan, kawasan yang berada dalam satu RW ini selalu dipadati wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara juga ramai memadati kawasan wisata benda seni ini.

Di kawasan ini anda dapat berbelanja beragam keramik hias. Dari pernak-pernik dengan berbagai bentuk, tempat pensil,perapian aromaterapi, tempat tisu, hingga vas bunga. Harganya bervariasi dari Rp. 5.000,- (Berupa cenderamata lonceng, tempat tisu, tempat kartu nama , dll) hingga Rp. 600.000,- (berupa keramik hias berukuran besar). Selain keramik , anda juga bisa berbelanja kerajinan berbahan gibs, umumnya berupa pigura untuk foto berukuran kartu pos.
Menurut Samsul Arifin, Ketua Kelompok Pengrajin Keramik Dinoyo, di kampung keramik ini terdapat setidaknya tiga pengrajin yang membuka pintu bagi wisatawan yang ingin belajar membuat barang kerajinan keramik. benda yang dibuat biasanya memiliki bentuk  sederhana, seperti tempat pensil atau vas buka kecil. Biayanya tidak mahal, hanya senilai produk yang dibuat itu (Rp. 10.000 – 20.000,-) plus ongkos pengiriman setelah karya anda selesai dibakar bersama benda keramik lainnya.
Menurut Samsul, kawasan ini dulunya merupakan sentra gerabah dan masuk wilayah Kelurahan Penanggungan atau Betek. Warganya kebanyakan menjadi pengrajin gerabah peralatan rumah tangga atau dapur. Kini pun pengrajin gerabah masih ada, namun produknya berupa pot. Peralatan rumah tangga dari gerabah yang masih dibuat pengrajin hanya berupa cobek .
Berkembangnya Dinoyo menjadi kampung keramik berawal dari didirikannya pabrik keramik oleh pemerintah di kawasan ini pada 1957. pabrik ini menghasilkan barang – barang teknik berupa isolator listrik, saniter, barang-barang tahan api. Pendirian pabrik ini kemudian berpengaruh terhadap orientasi usaha para pengrajin. Terbukti, mereka kemudian beralih membuat produk kerajinan keramik semi porselen. Ini berlangsung hingga sekarang menjadi sentra kerajinan keramik.
Dengan kendaraan pribadi lokasi ini dapat dicapai melalui jl. MT Haryono. Lalu masuk ke jl. MT Haryono IX. Di tikungan ujung jalan, dekat pintu masuk pabrik keramik, anda bisa memarkir kendaraan anda. Dari sini, bisa berjalan kaki menyusuri sentra kerajinan keramik Dinoyo.
Source http://wisatamalangid.blogspot.co.id http://wisatamalangid.blogspot.co.id/2014/09/membuat-vas-bunga-keramik-di-dinoyo.html
Comments
Loading...