Sentra Kerajinan Wajan Di Cirebon

0 342

Sentra Kerajinan Wajan Di Cirebon

Puluhan unit usaha kerajinan kompor minyak berangsur-angsur gulung tikar, sebagian perajinnya beralih profesi dan sebagian lainnya memilih komoditi lain seperti kerajinan wajan untuk alat penggorengan yang lazin digunakan ibu rumah tangga di dapur.

Demak salah satu perajin wajan di Desa Serang Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon mengatakan setelah terjadi konversi bahan bakar, pemerintah tidak sedikitpun memberikan kompensasi kepada para perajin kompor minyak sehingga para perajinnya banyak yang memilih untuk alih profesi.

Dia menuturkan seharusnya ada kompensasi dari pemerintah kepada para perajin kompor minyak misalnya dengan memberikan bantuan modal usaha atau lainnya sehingga mereka terbantu setelah tak lagi memproduksi kompor minyak.

“Perajin yang dulunya pernah menggeluti usaha kerajinan wajan kini kembali berproduksi setelah kompor minyak tak laku lagi,” katanya.

Demak mengungkapkan wajan yang diproduksinya terbuat dari bahan lempengan besi bekas drum yang dibelah kemudian dijadikan beberapa potongan sebagai bahan baku wajan dengan ukuran yang beragam.

“Wajah dengan diameter 80 cm dibandrol Rp100.000 adapun pengerjaannya memakan waktu beberapa hari,” ujarnya.

Source http://bandung.bisnis.com http://bandung.bisnis.com/read/20150909/61825/541524/perajin-kompor-minyak-di-cirebon-kini-produksi-wajan
Comments
Loading...