Sentra Kerajinan Wayang Golek Di Bogor

0 181

Kerajinan Wayang Golek

Di tengah gempuran budaya Barat, masih ada pengrajin yang melestarikan kesenian asli Indonesia berupa wayang golek. Salah satu tempat di mana bisa melihat aneka wayang golek dan bagaimana para proses pembuatannya adalah di Sanggar Tumaritis.

Sanggar itu adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memproduksi wayang golek dari bahan kayu. Sanggar Tumaritis bisa ditemukan di kawasan Lebak Kantin, RT 02/06, Kota Bogor. Begitu memasuki sanggar, terlihat banyak sekali wayang golek yang menggambarkan berbagai tokoh dalam dunia pewayangan. Kain batik dengan berbagai motif tradisional juga tampak melekat di tubuh wayang golek. Wayang yang ada dibuat dari kayu pohon yang tumbuh di Tanah Air.

“Yang dipakai kayu astonia, kayu albasia, ya dari Indonesia,” ujar Dase, pemilik Sanggar Tumaritis. Untuk kayu astonia yang dipakai untuk membuat wayang golek, banyak diperoleh dari daerah Cikotok di Banten. Bahan yang sudah ada di sanggar kemudian dipilih dan mulai diukir hingga membentuk wayang golek. Proses pengukiran balok kayu ini bisa langsung dilihat wisatawan di salah satu sisi sanggar.

Pembuatan satu wayang golek hingga selesai memakan waktu sekitar 1 minggu. Harga jualnya tergantung dari kualitas kayu yang digunakan. Mulai dari Rp 350 ribu hingga di atas Rp 550 ribu.

Source Sentra Kerajinan Wayang Golek Di Bogor Sentra Kerajinan Wayang Golek Di Bogor
Comments
Loading...