Sentra Kerajinan Wayang Golek Di Pangandaran

0 193

Kerajinan Wayang Golek

Galeri Wayang Golek milik Agus Gunawan yang terletak di Dusun Ciokong, Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih. Galeri sederhana ini menyimpan koleksi Wayang Golek hasil karya Agus serta ayah dan kakeknya. Agus mengaku bahagia karena bisa menjadi bagian pelestari budaya Wayang Golek. Apalagi, kondisi yang terjadi sekarang adalah kurangnya apresiasi masyarakat lokal terhadap kesenian daerah.

Ia mengaku, dirinya adalah keturunan ketiga penerus usaha Wayang Golek keluarganya. Agus memulai kariernya sebagai perajin dan dalang Wayang Golek pada tahun 1990’an. Ia mengaku, keterampilan mendalangnya didapat secara otodidak dengan memperhatikan ayah dan kakeknya saat mereka mendalang.

Untuk membuat Wayang, Agus menggunakan kayu Albasia atau Sengon, yakni kayu pohon Sengon yang ditanam disekitar galerinya. “Kayu Albasia memiliki kualitas yang baik karena tidak mudah lapuk. Pada saat dicat, permukaan cat juga akan berfungsi sebagai pelindung kayu sengon dari rayap dan pelapukan karena udara,” jelasnya lagi. Meski demikian, ada beberapa pengunjung yang menggunakan kayu lameh sebagai bahan baku pembuatan wayang. Diakui Agus, kualitas jenis keyu tersebut tidak sebaik kayu sengon.

Source Sentra Kerajinan Wayang Golek Di Pangandaran Sentra Kerajinan Wayang Golek Di Pangandaran
Comments
Loading...