Sentra Kerajinan “Wayang Kulit Dari Gendeng” Bantul

0 217

Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan Jawa yang hingga saat ini keberadaanya masih eksis. Eksisnya wayang hingga saat ini tidak hanya karena keberadaan para dalang yang setia menampilkan seni pertunjukan syarat nilai tersebut, tetapi juga para pengrajin yang masih aktif berkarya membuat wayang.

Di selatan pusat kota Yogyakarta, terdapat sebuah sentra kerajinan wayang kulit, tepatnya di Dusun Gendeng, Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setidaknya saat ini terdapat 25 pengrajin wayang kulit. Hal tersebut berdasarkan pengakuan, Suprih satu diantara pengrajin wayang kulit di Gendeng. Gendeng memang telah sejak lama dikenal menjadi penghasil wayang kulit berkualitas.

“Hingga saat ini kami masih mempertahankan cara membuat wayang sesuai dengan apa yang kami pelajari dari pendahulu kami,” ungkap Suprih.

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat wayang. Rata-rata butuh waktu satu minggu untuk menyelesaikan pembuatan satu buah wayang. Dikatakan Suprih, biasanya kulit yang digunakan untuk membuat wayang adalah kulit kambing, sapi, dan kerbau. Tetapi wayang yang paling baik kualitasnya adalah yang menggunakan kulit kerbau.

Source Sentra Kerajinan Wayang Kulit Dari Gendeng Dusun Gendeng, Tempatnya Para Pembuat Wayang Kulit
Comments
Loading...