Sentra Kerajinan Wayang Thengul Di Bojonegoro

0 292

Sentra Kerajinan Wayang Thengul Di Bojonegoro

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengungkapkan perajin Wayang Thengul atau golek di daerahnya yang masih berproduksi sudah mulai langka dan perajinnya sudah berusia lanjut. “Perajin Wayang Thengul yang masih memproduksi, salah satunya Santoso, di Desa Padangan, Kecamatan Padangan,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pelestarian Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Suyanto.


Menurut dia, Santoso masih tetap memproduksi kerajinan wayang thengul, karena banyak peminatnya, mulai dalang Wayang Thengul, juga masyarakat untuk cinderamata.

“Perajin wayang thengul lainnya juga ada, tetapi produksinya tidak sebaik Santoso,” jelasnya.

Dimintai konfirmasi, Santoso, membenarkan tidak banyak perajin Wayang Thengul di daerah yang rutin membuat kerajinan Wayang Thengul. “Ada beberapa dalang Wayang Thengul, termasuk anak saya juga membuat Wayang Thengul, tetapi baru tahap belajar,” jelasnya. Lebih lanjut ia menjelaskan dalang Wayang Thengul yang ada di daerahnya, sebagian besar memesan Wayang Thengul di tempatnya.

Source https://jatim.antaranews.com https://jatim.antaranews.com/lihat/berita/142966/perajin-wayang-thengul-di-bojonegoro-langka
Comments
Loading...