Sentra “Keramik Hias Kiaracondong” Bandung

0 241

Berkembangnya inovasi serta daya kreatif manusia dalam mendesain kerajinan tangan kian kentara. Di Bandung sendiri, beragam jenis kerajinan dapat dengan mudah ditemukan, mulai dari toko kaki lima hingga mall ternama.

Berjumpa dengan sepasang suami istri Waryana dan Nani. Mereka adalah satu dari sisa tiga perajin keramik di Kiaracondong. Kini Keramik Kiaracondong tak tersohor seperti dulu. Penjualan pun mulai lesu. Wajar saja jika dari puluhan perajin, kini hanya tersisa tiga.

“Sekarang perajin tinggal tiga. Saya, Pak Oma dan Pak Kosim,” ujar Nani.

Nani bercerita masa kejayaan Keramik Kiaracondong di era kepemimpinan Presiden Soeharto. Kala itu kediamannya tak pernah sepi, keramik selalu habis diburu. Selain pembeli dan wisatawan, banyak juga mahasiswa jurusan seni rupa yang belajar keramik di tempatnya.

Pelanggan Keramik Kiaracondong juga tersebar hampir di seluruh Indonesia. Kala itu dalam sebulan, bisa sampai mengirim empat truk besar ke berbagai daerah. Pemesanan sekarang tinggal dari Kalimantan, Palu, Palembang, Surabaya dan Sumatera.

Lokasi Sentra Kerajinan Keramik

Centra Keramik Kiaracondong di depan Jalan Terusan Stasiun Kiaracondong, Kelurahan Jayanti, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Berjalan menelusuri pemukiman warga di samping rel kereta api untuk menemukan pusat keramik yang sempat tersohor di era tahun 1970 hingga 1990-an.

Source Sentra Keramik Hias Kiaracondong Menengok Sentra Keramik Kiaracondong Bandung yang Hampir Punah
Comments
Loading...