Sentra Pande Besi Di Desa Suren, Purworejo

0 277

Kerajinan Pande Besi

Desa Suren, Kecamatan Kutoarjo secara administratif Letaknya sekitar 15 KM dari pusat ibukota Kabupaten Purworejo. Secara geografis kewilayahan, Desa Suren terbagi menjadi 6 dusun atau 6 RW, 25 RT dan 74 dasawisma. Luas wilayah Desa Suren kurang lebih 242,348 hektar, dengan mata pencaharian mayoritas penduduk Desa Suren adalah perajin pande besi.

Salah satu perajin pande besi, Sumitro menjelaskan, pande besi ini adalah kerajinan turun temurun yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. “Dalam keluarganya saya merupakan generasi keempat mewarisi keahlian buyutnya yang diwariskan ke kakeknya kemudian ke ayahnya hingga saya menekuni kerajinan ini,” jelasnya.

Para pande dalam sehari rata-rata mampu memproduksi 40 hingga 50 alat pertanian meliputi cangkul, sabit, pisau, bendo, kapak, dan clurit, dan lain-lain. Setiap produk dijual dengan harga berkisar Rp 10.000 hingga 12.000 tergantung tingkat kesulitan pembuatannya. Sebenarnya keuntungan yang diperoleh perajin akan lebih banyak jika bisa dipasarkan sendiri tanpa melalui pengepul. Sayang sekali sebagian besar perajin tidak memiliki akses pasar yang luas lantaran keterbatasan modal dan kemampuan.

Source Sentra Pande Besi Di Desa Suren, Purworejo Sentra Pande Besi Di Desa Suren, Purworejo
Comments
Loading...