Sulap Botol Miras Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi Di Bandung

0 252

Sulap Botol Miras Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi Di Bandung

Botol minuman keras yang kerap dianggap sebagai sampah ternyata memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Di tangan para pemuda-pemudi Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, beragam botol miras bisa berubah menjadi pernak-pernik dengan harga jutaan.

Beragam kerajinan dari botol beling seperti lampu taman, gelas unik, toples, lampu tidur, asbak dan beragam hiasan lainnya. Uniknya, para pemuda itu membuat berbagai kerajinan di rumah dinas camat Arcamanik.

Lantaran tak digunakan, rumah dinas tersebut dimanfaatkan dan dirubah menjadi Rumah Kreatif. Anak muda tersebut mengumpulkan puluhan botol minuman keras dengan cara mendatangi sejumlah tempat hiburan malam di Kota Bandung.

“Untuk bahan baku, kami mendatangi tempat hiburan malam. Kami bawa karung untuk ngambil botol-botol itu. Awalnya kerajinan hanya dari bungkus kopi, tapi ternyata botol minuman juga punya nilai jual yang tinggi,” kata Milki Hafid, bagian pemasaran Rumah Kreatif saat ditemui di Kecamatan Arcamanik, Jalan Cisaranten Kulon, Kota Bandung.

Bahkan, kata Milki, beberapa hasil karya anak-anak Rumah Kreatif sudah mulai mendunia.

“Saya sudah masukin ke Bottlehood, sebuah komunitas pengrajin botol di California, Amerika Serikat. Alhamdulillah responsnya bagus. Harganya beragam mulai dari puluhan ribu sampai jutaan,” ujarnya.

Kreativitas pemuda Arcamanik terus diasah oleh seorang seniman bernama Andi Yuliandi. Andi sudah memberikan pelatihan kerajinan tangan bagi sekitar 50 pemuda di Kota Bandung. Andi merupakan orang di belakang layar yang melahirkan ide tersebut.

Dia mengisahkan, ide tersebut tercetus saat dia tengah berada di sebuah tempat hiburan malam. Andi yang sehari-hari berprofesi sebagai penyanyi kafe, sering menemukan botol minuman keras berserakan dan dibuang.

Source http://regional.kompas.com http://regional.kompas.com/read/2015/08/19/16350001/Botol.Miras.Jadi.Pernak-pernik.di.Tangan.Pemuda.Arcamanik
Comments
Loading...