Sulap Limbah Kayu Peti Kemas Menjadi Kerajinan Mewah Di Surabaya

0 484

Sulap Limbah Kayu Peti Kemas Menjadi Kerajinan Mewah Di Surabaya

Limbah Kayu palet pinus (alias kayu untuk peti kemas) yang biasa saja bisa sangat berharga berkat tangan kreatif sang pemilik usaha Raja Pallet Woodworks and Craft. Adalah pemiliknya, Zanuar Agung Permadi yang mampu merubah limbah kayu palet pinus atau peti kemas menjadi furniture bernilai jutaan rupiah.

Kayu palet itu diubah menjadi kursi, meja café, wall panel hingga lantai kayu. Harga yang dibanderol mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 5 jutatergantung dari kerumitan desain yang akan dipesan.

Zanuar mengaku berawal hanya modal Rp 200 ribu saja, namun sekarang ia mampu membiayai 4 tukang yang dipekerjakan. “Awal saya membuat sebuah kursi saja. Namun seiring berjalannya waktu, ada yang berminat ingin memesan 20 set meja dan 40 set kursi untuk dijadikan tempat duduk di salah satu kafe yang ada di Surabaya,” paparnya. Zanuar sekarang membuka toko yang menjual furniture tersebut, yakni Raja Palet Woodworks yang bertempatkan di jalan Gadel Sari Madya I Tandes, Surabaya, Jawa Timur.

Toko yang dibuka mulai dari tahun 2015 ini kebanjiran pesanan dari salah satu rumah makan yang ada di daerah Jakarta. Mulai dari wall panel, tangga, rak untuk hiasan pot bunga sampai interior yang ada didalam rumah makan tersebut akan menggunakan full kayu palet yang dibikin langsung oleh Raja Palet Woodworks.

Keuntungan yang didapatkan oleh Zanuar ini adalah sekitar 8 hingga 30 juta dalam waktu sebulan. “Bisnis yang lumayan menjanjikan jika saya terapkan hingga beberapa tahun ke depan. Karena bisnis ini belum tentu disentuh orang lain untuk melakukan bisnis kreatif ini,” ujarnya sambil senyum.

Kayu palet yang didapatkan untuk usaha Zanuar adalah Kayu palet pinus yang telah diolah menjadi peti kemas oleh pabrik-pabrik terutama jasa pengiriman barang. Terkadang Zanuar membeli untuk kualitas produk yang lebih. Kayu palet yang dibeli terkadang berbentuk balok, pipih, hingga kayu palet oven tergantung bentuk konsep desain yang dibutuhkan.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/37950/ubah-limbah-kayu-peti-jadi-furnitur-mewah-laku-jutaan-rupiah
Comments
Loading...