INFORMASI KERAJINAN INDONESIA

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya dan keseniannya. Itu terlihat dari banyaknya kerajinan tangan Indonesia yang dihasilkan oleh masyarakat di berbagai penjuru daerah. Bahkan, kerajinan tangan Indonesia itu sudah dikenal hingga berbagai penjuru dunia.

Berbanggalah pada bangsa kita, Indonesia. Negeri ini dianugerahi alam yang kaya dan melimpah ruah isinya. Air, tanaman, tambang, dan kekayaan alam Indonesia lainnya seolah tak ada habis. Lahir pula aneka kerajinan tangan Indonesia yang memperkaya kesenian bangsa. Hasil pengolahan kekayaan alam Indonesia pun jadi modal munculnya seni kreatif ini. Sumber daya alam maupun limbah mampu diolah menjadi kerajinan tangan yang tradisional sekaligus menarik dan punya daya jual. Artinya, kekayaan alam Indonesia punya banyak berkah buat semua.

Kayu dapat tumbuh dengan sempurna di daerah tropis seperti Indonesia. Itulah kenapa, hasil kayu kita berkualitas terbaik. Bahkan setelah diukir oleh pengrajin pun dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Negara kita pun makin dikenal berkat seni ukir kayu, misalnya pada ukiran kayu dari Jepara. Karya ukir dari Jepara sudah menembus pasar internasional sekelas Eropa, baik dalam bentuk patung, kaligrafi, atau relief. Kerajinan tangan ini berhasil membuat dunia terkagum-kagum, karena selain kualitasnya yang bagus hasilnya juga indah.

Kekayaan alam Indonesia telah menginspirasi masyarakat untuk menghasilkan seni kreatif, salah satunya seni pahat. Seni ini menghasilkan karya berbentuk tiga dimensi, lewat cara dipahat, modeling (bisa menggunakan tanah liat), atau kasting (menggunakan cetakan). Dunia mengenal seni pahat patung Bali sebagai salah satu hasil kreasi Indonesia.

Bagaimana dengan kerajinan anyaman bambu? Ranah perdagangan ekspor sudah mengenalnya sejak dulu, karena bambu bisa dianyam menjadi wadah tisu, keranjang, perlengkapan rumah, tatakan gelas, lampu hias, dan banyak lagi. Kreasi anyaman ini jadi favorit masyarakat dari berbagai belahan dunia, misalnya di Eropa dan Amerika. Keunikan hasil karya anyaman membuatnya jadi incaran. Cari pengrajin anyaman bambu? Kamu bisa menemuinya di Garut dan Tasikmalaya. Karya mereka bahkan sudah go international.

Kerajinan tangan Indonesia berupa tenun dapat  dilihat dari tenun songket khas Sumatera, Nusa Tenggara, dan Kalimantan. Masyarakat dunia menggemarinya karena motif tenun selalu unik dan memiliki makna spesial, yaitu sebagai wujud kehidupan masyarakat dan merupakan hasil keeratan emosional masyarakat di daerah. Ketika kamu memakainya, maka kamu sedang mengenakan seni yang dibuat dari hati. Dahulu kala, kain tenun diperkenalkan oleh masyarakat Nusa Tenggara dan hadir sejak 3500 tahun lalu.

Hasil karya kesenian tangan Indonesia lainnya yaitu topeng, dipakai untuk melengkapi hiasan atau pertunjukan tari. Benda ini berbahan kayu, biasanya dibuat di Cirebon, Bali, Bandung, Yogyakarta, atau Surakarta. Tiap topeng punya motif dan kekhasan yang beda-beda. Kayu yang digunakan pun tak semuanya sama, tapi yang paling sering dipakai adalah kayu pule atau kayu sengon. Ini karena keduanya lebih mudah dicari dan lebih mudah diukir dan dilukis.

Kreativitas membanggakan yang sudah ada sejak berabad-abad lalu ini lahir di Indonesia dan jadi incaran seluruh dunia. Batik merupakan kesenian melukis di atas kain melalui medium lilin dan pewarna. Kita bisa membelinya dalam bentuk kain yang belum terjahit. Misalnya, kain batik premium bermotif Babon Angrem yang klasik ini, membuatmu nampak elegan dan tepat dipakai ke acara resmi. Bahannya dari katun batik tulis Soga, berukuran 240 x 110 cm.

Sebagai apresiasi terhadap UKM Indonesia terlebih yang berprofesi sebagai pengrajin, kami hadir untuk mengulas dalam bentuk artikel yang informatif sebagai sarana promosi terhadap usaha Kerajinan Indonesia.

Salam Hormat

Informasi Kerajinan Indonesia
Jalan Puntadewa No.35, Serangan, Blulukan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Telp : 0271-745-2884