TNI Latih Warga Di Papua Membuat Kerajinan

0 134

TNI Latih Warga Di Papua Membuat Kerajinan

Prajurit TNI dari Batalion Infanteri (Yonif) 122/Macan Kumbang melatih mama-mama Papua membuat kerajinan tangan anyaman lidi di Kampung Kalibom, Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

Komandan Batalion sekaligus Komandan Satuan Tugas Yonif 121/Macan Kumbang Letkol Inf Imir Faishal ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu, mengatakan pelatihan kerajinan itu merupakan bagian dari upaya Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) membantu menambah sumber penghasilan warga.

“Kami berinisiatif untuk bagaimana menciptakan hasil keterampilan dari barang atau benda di sekitar masyarakat yang dapat memberi nilai jual sehingga dapat dibentuk menjadi barang yang berkualitas dalam meningkatkan ekonomi rakyat,” katanya.


Awalnya, dia menuturkan, hanya sejumlah mama-mama Papua yang langsung mau mengikuti pelatihan sementara beberapa orang cuma datang menonton. Namun kemudian makin banyak warga yang ikut belajar membuat barang-barang seperti piring, keranjang atau tempat buah dari anyaman lidi.

“Untuk kaum pria, kami latih membuat lukisan dari kulit telur dan membuat busur panah. Ini kami lakukan di Kampung Wambes, Distrik Manem dan Kampung Naramben, Distrik Arso,” katanya.

Ia menjelaskan barang-barang kerajinan buatan warga tersebut dipamerkan pada Hari Kesatuan Gerakan PKK ke-46 pada April 2018 di Lapangan Swakarsa Arso Swakarsa, Kabupaten Keerom.

“Juga telah dipamerkan di acara Festival Cross Border 2018 di Skouw, Kota Jayapura, yang merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada Agustus yang lalu,” katanya.

Hingga kini, lanjut Imir, para prajurit TNI masih memberikan pelatihan membuat kerajinan anyaman lidi, busur panah dan lukisan dari kulit telur kepada warga di perbatasan RI-PNG.

“Ini terus kami lakukan sejak mulai bertugas pada Februari lalu hingga kini dan masyarakat begitu antusias. Warga Kampung Kalibom, mereka sangat berterima kasih karena diperkenalkan dengan karajinan tangan dari anyaman lidi yang bisa didapatkan dengan mudah di lingkungannya,” katanya.

Source https://papua.antaranews.com https://papua.antaranews.com/berita/470975/tni-latih-mama-mama-papua-buat-kerajinan
Comments
Loading...