Uniknya Kerajinan Kerang Khas Cirebon

0 562

Kerajinan kerang adalah salah satu kerajinan yang cukup dikenal terutama di Cirebon oleh pengrajin Maman Suparman, banyak yang mulai terjun untuk memanfaatkan kulit kerang. Sebab saking banyaknya kulit kerang yang terdampar begitu saja di pantai-pantai, menjadikannya limbah yang notabennya tak berguna. Tapi, justru itu adalah menjadi salah satu awal muculnya kerajinan kerang. Munculnya ide dan inovasi untuk memanfaatkan kulit kerang menjadi barang yang lebih berguna, dan terciptalah kerajinan ini.

Kulit kerang ini bisa diolah menjadi aneka aksesoris atau hiasan berkilau, bahkan hiasan rumah sekalipun. Kreasi yang paling digemari adalah membuat hiasan kerang, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Aksesoris yang berbahan dasar kulit kerang ini cukup mudah untuk membuatnya. Contohnya saja hiasan dalam bentuk cincin, kalung, gantungan kunci, bahkan bisa dibuat sebagai bros.

Cara Pembuatan Kerajinan Kerang

  • Siapkan kulit kerang, dan aksesoris tambahan. Pilihlah cangkang kerang yang sesuai bentuk dan ukuran.
  • Bersihkan kulit kerang menggunakan air yang mengalir. Kemudian rendam dalam larutan natrium soda untuk menghilangkan sisa-sisa daging dan kotoran kerang serta baunya juga ikut larut dalam larutan tersebut.
  • Kemudian keringkan kulit kerangnya, agar kualitas kerang terjaga dengan baik.
  • Setelah itu kita bisa membentuknya sesuai keinginan, bisa dikikir, mengamplas, ataupun memotongnya sesuai bentuk.
  • Kulit kerang siap untuk dibentuk menjadi kreasi yang lucu dan unik.
Source Uniknya Kerajinan Kerang Khas Cirebon Uniknya Kerajinan Kerang Khas Cirebon
Comments
Loading...